Jangan sampai terjadi missed di lapangan, karena ini event berskala nasional dari masyarakat Indonesia yang melakukan kegiatan mudik. Masyarakat kita melakukan pergerakan menggunakan sarana transportasi darat, udara, dan laut. Oleh karena itu, stok d
Jakarta (ANTARA) - Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta badan usaha penugasan menjaga keandalan pasokan BBM di Pulau Bali sebagai antisipasi peningkatan kunjungan wisatawan sekaligus arus mudik libur Lebaran 2024.

Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, mengatakan Pulau Dewata Bali menjadi destinasi wisata sekaligus wilayah mudik selama periode libur Idul Fitri 2024, sehingga pasokan dan distribusi BBM-nya perlu disiapkan dengan sebaik-baiknya.

Tiko, panggilan akrab Basuki, yang tengah melakukan kunjungan kerja pengawasan di Aviation Fuel Terminal Bandara Ngurah Rai, Badung, Bali, Rabu (3/4), meminta badan usaha penugasan selalu siaga dalam menghadapi Lebaran.

Ia juga memastikan kesiapan pasokan BBM selama masa Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2024 tersedia dengan baik dan meminta semua pihak tidak lengah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Jangan sampai terjadi missed di lapangan, karena ini event berskala nasional dari masyarakat Indonesia yang melakukan kegiatan mudik. Masyarakat kita melakukan pergerakan menggunakan sarana transportasi darat, udara, dan laut. Oleh karena itu, stok dan rantai pasok BBM-nya harus kita jaga dengan baik," ujarnya.

Selanjutnya, saat mengunjungi Integrated Terminal Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis (4/4), Tiko menambahkan saat arus mudik dan arus balik, kebutuhan masyarakat terhadap energi BBM dan LPG semakin meningkat, sehingga perlu menjadi perhatian bersama.

"Pengalaman menjalani semua ini menjadi bekal dan tentunya hal-hal yang menjadi kendala di waktu lalu dapat menjadi pembelajaran, dan pada tahun ini dapat diantisipasi dengan sebaik-baiknya," kata Tiko.

Ia juga menyampaikan apresiasi atas dedikasi seluruh pemangku kepentingan terkait, khususnya badan usaha penugasan, yang bekerja mengawal pasokan BBM selama Lebaran ini.

"Prediksi dan proyeksi cukup baik, namun tetap waspadai dinamika di lapangan. Tidak lupa untuk senantiasa meningkatkan komunikasi dengan pihak internal dan eksternal. Serta mengedepankan safety dalam setiap kegiatan melayani masyarakat," tuturnya.

Selain mengunjungi Aviation Fuel Terminal Ngurah Rai, Tiko juga melakukan kegiatan peninjauan lapangan ke Regional Fuel Terminal Sanggaran, serta SPBU di Kabupaten Karangasem, Kabupaten Gianyar, dan Kabupaten Tabanan.

Tiko pun berpesan kepada pengelola SPBU agar selalu melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya.

"Support saudara-saudara kita yang merayakan Idul Fitri dan juga wisatawan yang berkunjung ke Pulau Bali," ujarnya.
Anggota Komite BPH Migas Basuki Trikora Putra saat mengunjungi SPBU di Kabupaten Gianyar, Bali. ANTARA/HO-Humas BPH Migas

Sementara itu, Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Tata Kelola Hilir Migas Mulyono mengungkapkan Menteri ESDM Arifin Tasrif telah memberikan arahan untuk terus waspada dalam mengamankan pasokan BBM selama Satgas RAFI 2024.

"Tetap semangat, insya Allah hasilnya bagus dan sedapat mungkin memberikan atensi penuh pada wilayah area remote yang ada di wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus). Hal-hal kecil jangan diabaikan," katanya.

Sedangkan, Region Manager Supply and Distribution Jatimbalinus Teddy Bariadi menyampaikan stok BBM di wilayahnya secara umum dalam kondisi aman.

Ia juga memperkirakan puncak arus mudik dari Pulau Bali ke Pulau Jawa akan terjadi pada 7 April 2024 dengan menggunakan moda transportasi darat dan penyeberangan laut.

Turut hadir pula dalam kunjungan antara lain Integrated Terminal Manager Manggis Subhan Fajri dan Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Region Bali Endo Eko Satryo.

Baca juga: BPH Migas tekankan pentingnya QR code agar BBM subsidi tepat sasaran
Baca juga: BPH Migas gelar Rapat Pleno Posko Nasional Sektor ESDM Periode RAFI
Baca juga: Menteri ESDM minta waspadai cuaca ekstrem selama periode Idul Fitri
Baca juga: BPH Migas monitor kebutuhan energi Lebaran melalui Posko Nasional ESDM

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024