Masyarakat bisa beristirahat di pos-pos pelayanan yang disediakan di sepanjang lintasan
Banda Aceh (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh menyatakan kepadatan arus lalu lintas kendaraan bermotor pada saat mudik hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau 2024 Masehi di provinsi ujung barat Indonesia tersebut meningkat.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Muhammad Iqbal Alqudusy di Banda Aceh, Minggu, mengatakan peningkatan terjadi di tiga lintasan utama di Provinsi Aceh, yakni jalur timur, tengah, dan barat selatan. Kendaraan mudik didominasi mobil pribadi dan sepeda motor.

"Mulai dua hari terakhir, arus lalu lintas atau kendaraan mudik mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah mulai meningkat. Peningkatan diperkirakan mencapai 15 persen dari hari biasa," kata Muhammad Iqbal Alqudusy.

Kendati terjadi peningkatan jumlah kendaraan bermotor, kata dia, tidak terjadi kemacetan yang mengganggu perjalanan masyarakat pulang kampung. Kemacetan hanya terjadi di titik-titik tertentu, seperti di pusat perbelanjaan.

"Lalu lintas kendaraan bermotor di Aceh secara umum berjalan lancar, walau terjadi peningkatan. Kemacetan hanya terjadi di titik di mana aktivitas masyarakat meningkatkan seperti di pusat perbelanjaan," katanya.

Baca juga: Pemkot pastikan jalur mudik di Lhokseumawe berjalan lancar dan aman
Baca juga: Kepal cepat tujuan Sabang mulai layani mudik Lebaran gratis Kemenhub


Perwira menengah Polda Aceh memperkirakan puncak arus kendaraan mudik di Aceh terjadi hingga H-1 lebaran. Kepadatan arus lalu lintas kendaraan bermotor akan kembali meningkatkan pada arus balik nanti.

"Kami juga mengingatkan pengemudi, baik angkutan umum maupun kendaraan pribadi segera beristirahat apabila kelelahan. Masyarakat bisa beristirahat di pos-pos pelayanan yang disediakan di sepanjang lintasan, baik kawasan timur, pantai barat, maupun wilayah tengah Aceh," katanya.

Sementara itu, dalam rangkaian pelayanan mudik Idul Fitri 1445 Hijriah Polda Aceh dan jajaran memberikan angkutan mudik gratis kepada masyarakat. Angkutan mudik gratis tersebut. membantu masyarakat yang ingin berlebaran di kampung halaman.

"Layanan mudik gratis Polda Aceh dan 23 Polres jajaran diikuti 673 orang. Layanan mudik gratis tersebut termasuk ke Pulau Simeulue, Kabupaten Simeulue," katanya.

Baca juga: Dishub Aceh bentuk 40 posko mudik di terminal hingga penyeberangan
Baca juga: Kepala Terminal: Tiket bus Aceh-Medan mulai H-5 Lebaran sudah habis
Baca juga: Bandara SIM:Pelita Air tambah pilihan transportasi udara warga Aceh

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024