Selama masa angkutan Lebaran dibandingkan hari-hari sebelumnya mengalami peningkatan. Mulai dari Rabu (3/4) itu untuk puncak arus mudik terjadi pada Sabtu
Majalengka (ANTARA) - Pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati mencatat aktivitas perjalanan penumpang melalui fasilitas penerbangan di bandara itu, naik 20 persen saat masa angkutan mudik Lebaran 2024.

Executive General Manager BIJB Kertajati Nuril Huda mengatakan lonjakan penumpang tertinggi terjadi pada Sabtu (6/4), yang jumlahnya mencapai 2.386 orang dengan 16 pergerakan pesawat.

“Selama masa angkutan Lebaran dibandingkan hari-hari sebelumnya mengalami peningkatan. Mulai dari Rabu (3/4) itu untuk puncak arus mudik terjadi pada Sabtu,” kata Nuril di BIJB Kertajati Majalengka, Jawa Barat, Minggu.

Ia menyampaikan sejak angkutan mudik berlangsung hingga saat ini, jumlah penumpang yang terbang dari BIJB Kertajati jumlahnya sebanyak 7.386 orang atau rata-rata 1.836 penumpang per hari.

Sedangkan, kata dia, saat hari biasa jumlah rata-rata penumpang di BIJB Kertajati itu berkisar dari 1.000 orang hingga 1.300 penumpang.

Nuril optimistis volume penumpang di bandara tersebut dapat bertambah, karena masih banyak masyarakat yang diprediksi melakukan perjalanan dari BIJB Kertajati.

“Sekarang masih kisaran 7.000 penumpang. Kemungkinan bisa bertambah,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyebutkan hingga kini total aktivitas penerbangan di BIJB Kertajati menyentuh 70 pergerakan pesawat.

Jika dirata-rata, maka selama arus mudik tahun ini terdapat 14 pergerakan pesawat per hari. “Untuk rute favoritnya ada tiga yakni Denpasar, Kualanamu dan Balikpapan,” ucap dia.

Sebelumnya, pengelola BIJB Kertajati telah melakukan persiapan dengan menyiapkan berbagai sarana dan fasilitas bagi penumpang pada angkutan mudik serta balik Lebaran 2024.

Kesiapan ini bahkan sudah ditinjau langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada 9 Maret 2024.

Baca juga: BIJB Kertajati catat lonjakan 11 persen penumpang saat libur panjang
Baca juga: Menhub tinjau kesiapan BIJB Kertajati jelang mudik Lebaran 2024
Baca juga: Gubernur Jabar canangkan kereta cepat terhubung ke Bandara Kertajati
Baca juga: BIJB Kertajati tambah rute penerbangan baru pada 2024


 

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024