Sebab awal 2024 kita sudah melakukan perbaikan ruas jalan nasional di Riau, terhadap jalan lintas penghubung juga jalan non lintas
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Riau Yohanis Tulak Todingrara mengatakan ruas jalan provinsi dan nasional kini sudah siap dilalui kendaraan untuk mudik Idul Fitri 2024.

"Sebab awal 2024 kita sudah melakukan perbaikan ruas jalan nasional di Riau, terhadap jalan lintas penghubung juga jalan non lintas," kata Yohanis kepada media di Pekanbaru, Minggu.

Ia mengatakan secara umum dibandingkan pada Maret 2024 persiapan jalan nasional dan provinsi sudah maksimal sedangkan untuk ruas jalan lintas yang masih dilakukan perbaikan kini yakni di jalan Riau-Sumatera Barat via Teluk Kuantan.

Akan tetapi, katanya, pekerjaan perbaikan jalan itu hanya tinggal menutup beberapa lubang saja.

"Jalan lintas di Teluk Kuantan masih ada perbaikan jalan dan menutup lubang-lubang saja. Kalau untuk perbaikan yang besar-besar seperti yang dilanda longsor beberapa waktu lalu sudah selesai," katanya.

Sementara itu, perbaikan untuk jalan lintas timur di Pelalawan sudah selesai dan perbaikan yang dilakukan untuk fungsional terlebih dahulu, agar tetap nyaman ketika dilalui. Sementara perbaikan dengan cara melapis dengan aspal rigid akan dilaksanakan usai Lebaran nanti.

Ia menjelaskan bahwa perbaikan untuk jalan lintas timur ini sedang diusulkan, namun saat ini untuk fungsional sudah selesai dilakukan perbaikan.

"Untuk jalan lintas Riau-Sumatera Utara secara fungsional juga sudah selesai. Begitu juga untuk jalan lintas Riau-Sumatera Barat via Bangkinang juga saat ini sudah relatif bagus," katanya.

Ia menekankan bahwa secara umum untuk perbaikan jalan nasional yang akan digunakan sebagai jalur mudik sudah 90 persen dan siap dilintasi. Untuk penyelesaian sisa perbaikan tersebut pihaknya mematok target sebelum Idul Fitri 2024 sudah selesai semua.

Baca juga: Pembangunan Tol Bangkinang-Pangkalan 24,7 km sudah 88,58 persen
Baca juga: PUPR kucurkan penataan Simpang Empat Panam Pekanbaru Rp20 miliar

Pewarta: Frislidia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024