Melalui kerja sama dengan berbagai pihak seperti Jasa Raharja NTB, Damri, Gapasdap dan menyediakan tiket gratis bagi pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman
Mataram (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melepas empat unit bus gratis bagi pemudik untuk pulang merayakan momen Lebaran di kampung halaman.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB Lalu M. Faozal mengatakan program mudik gratis oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB merupakan program tahunan dalam upaya mendukung pemudik yang hendak merayakan Lebaran dengan keluarga di kampung halaman.

Baca juga: Adira Finance sediakan asuransi kecelakaan bagi peserta mudik gratis

"Program ini memberikan kesempatan bagi pemudik untuk pulang ke kampung halaman tanpa bayaran, sehingga masyarakat dapat merayakan momen Lebaran dengan keluarga tanpa beban biaya transportasi," ujarnya melalui siaran pers di Mataram, Minggu.

Ia menjelaskan, pelepasan mudik ceria gratis merupakan salah satu upaya Pemprov NTB dalam mendukung kelancaran arus mudik saat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Melalui kerja sama dengan berbagai pihak seperti Jasa Raharja NTB, Damri, Gapasdap dan menyediakan tiket gratis bagi pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman," kata Faozal.

Faozal menambahkan program pelepasan mudik ceria gratis, yang telah masuk tahun keempat tersebut. Diharapkan, dapat memberikan kemudahan bagi para pemudik dalam merayakan Lebaran bersama keluarga tanpa harus khawatir dengan biaya transportasi.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai realisasikan 43 penerbangan ekstra dalam 4 hari

"Tahun ini, tahun ke-4 terselenggara-nya mudik ceria gratis ini. Tentunya bersyukur mudik gratis ini dapat berjalan dengan lancar," katanya.

Kepala Cabang Jasa Raharja Dicky Siwa Permadi, meminta kepada para pemudik untuk hati-hati dalam berlalu lintas dan tetap menggunakan kendaraan yang pajak kendaraan-nya hidup.

Para pemudik yang berpartisipasi dalam program ini mendapatkan tiket gratis serta fasilitas lainnya yang disediakan oleh pihak penyelenggara. Selain itu, mereka juga mendapatkan bimbingan dan pengawalan selama perjalanan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan selama mudik.

Program pelepasan mudik ceria gratis 2024 menjadi bukti kepedulian Pemprov NTB terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama bagi yang ingin berkumpul bersama keluarga di momen sakral seperti Lebaran. Diharapkan dengan adanya program ini, para pemudik dapat pulang ke kampung halaman dengan perasaan aman, nyaman, dan bahagia.

Baca juga: Arus mudik di Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh mulai ramai

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024