Jakarta (ANTARA) - Pemain bertahan Federico Gatti mengemas gol semata wayang saat Juventus menang 1-0 atas Fiorentina, pada pertandingan Liga Italia di Stadion Allianz, Turin, Minggu setempat atau Senin dini hari WIB.

Kemenangan itu mengokohkan posisi Juventus di posisi ketiga klasemen sementara Liga Italia dengan 62 poin. Sedangkan kekalahan beruntun kedua bagi Fiorentina membuat tim berjuluk I Viola itu tertahan di posisi kesepuluh dengan 43 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Juventus langsung menggebrak sejak awal. Memasuki menit keenam, Weston McKennie berhasil membobol gawang tim tamu, tetapi gol itu tidak disahkan karena offside.

Gawang Fiorentina kembali kemasukan pada menit ke-12. Gatti menyambar bola umpan silang Filip Kostic dan membuat bola mengarah ke mistar gawang, Dusan Vlahovic bergerak cepat untuk menyambar bola pantul. Namun gol itu kembali tidak disahkan karena Bremer berada dalam posisi offside.

Juve akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-21. Dari situasi tendangan sudut, bola berhasil disundul Bremer untuk kemudian diteruskan Gatti masuk ke gawang yang dikawal Pietro Terraciano.

Baca juga: Allegri puas dengan kemenangan 2-0 Juventus atas Lazio di Coppa Italia

Untuk ketiga kalinya gol Juventus tidak disahkan pada menit ke-32. McKennie berada dalam posisi offside saat ia mengirim assist untuk dikonversi Vlahovic dari jarak dekat.

Kali ini offside yang menghukum Juventus lebih tipis dibanding dua gol yang dianulir sebelumnya, sehingga memerlukan tinjauan VAR. Babak pertama ditutup dengan keunggulan 1-0 untuk tuan rumah.

Pada awal babak kedua, Fiorentina lebih banyak menguasai bola dan lebih banyak mengancam. Satu peluang bagus menjadi mentah saat sepakan Antonin Barak tertuju lurus ke kiper Wojciech Szczesny.

Peluang bagus berikutnya kembali menjadi milik Fiorentina melalui sepakan melengkung Nico Gonzalez. Kali ini, Szczesny bergerak cepat untuk menepis bola yang mengarah ke sudut kanan atas gawangnya untuk membuat bola membentur tiang gawang.

Baca juga: Fiorentina pukul Atalanta 1-0 pada leg pertama semifinal Piala Italia

Szczesny kembali menjadi penyelamat Juventus, saat ia menepis umpan silang mendatar yang terarah kepada Lucas Bertran, tembakan Bertran kemudian membentur rekan setimnya M’Bala Nzola.

Di sisa waktu permainan, Juventus lebih banyak bertahan di bawah dan membiarkan Fiorentina mencoba menekan. Walau demikian, tidak ada gol balasan yang dapat dibukukan oleh tamunya.
 


Pada pertandingan yang dimainkan lebih awal, Genoa mengakhiri rentetan dua hasil imbang beruntun dengan menang 2-1 di markas Verona. Kemenangan yang mengokohkan Genoa di posisi ke-12 klasemen sementara dengan 38 poin, sedangkan Verona tertahan di posisi ke-17 dengan 27 poin.

Cagliari juga kembali ke jalur kemenangan dengan menghantam tamunya Atalanta, juga dengan skor 2-1. Berkat tambahan tiga poin, Cagliari naik ke posisi ke-13 dengan 30 poin, dan Atalanta tertahan di posisi keenam dengan 50 poin.

Susunan pemain:

Juventus:
Wojciech Szczesny, Federico Gatti, Bremer, Danilo, Andreas Cambiaso (Carlos Alcaraz 75’), Weston McKennie, Manuel Locatelli, Adrien Rabiot, Filip Kostic (Samuel-Iling Junior 59’) , Federico Chiesa (Kenan Yildiz 59’), Dusan Vlahovic (Moise Kean 85’)

Pelatih: Massimiliano Allegri

Fiorentina: Pietro Terraciano, Michael Kayode (Dodo 84’), Nikola Milenkovic, Luca Ranieri, Cristian Biraghi, Giacomo Bonaventura, Rolando Mandragora (Maxime Lopez 46’), Nicolas Gonzalez, Antonin Barak (M’Bala Nzola 61’), Christian Kouame (Lucas Beltran 61’), Andrea Belotti (Riccardo Sottil 46’)

Pelatih: Vincenzo Italiano
Baca juga: Klasemen Liga Italia: Milan dan Roma raih kemenangan pada pekan ke-31

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024