Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora kemarin, Minggu (7/4), masih menarik dibaca hari ini, Senin, sebagian besar tentang suasana arus mudik di berbagai daerah, juga imbauan kepada pemudik agar selalu memantau cuaca pada situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar terhindar dari cuaca ekstrem yang dapat membahayakan keselamatan selama mudik.
 
Berikut rangkuman berita:
 
Pemudik terjebak macet di Tol Tangerang-Merak menuju pelabuhan
 
Antrean panjang kendaraan pemudik menuju Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, hingga saat ini masih belum terurai hingga 19 kilometer.
 
Rahmat, pemudik asal Jakarta, di Cilegon, Banten, Ahad dini hari, mengaku menghabiskan waktu selama 15 jam untuk sampai ke Pelabuhan Merak, Banten.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
Puncak arus mudik di pelabuhan Bakauheni Lampung tak sesuai prediksi
 
Puncak arus mudik lebaran 2024 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Merak, Banten tidak terjadi pada Minggu (H-3) sesuai dengan prediksi sebelumnya, karena jumlah pemudik pada hari ini menurun dibanding hari sebelumnya.
 
General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Lampung Selatan, Rudi Sunarko, mengatakan, ada pergeseran puncak arus mudik di Pelabuhan Bakauheni, dikarenakan para pemudik dari daerah provinsi Jambi, Bengkulu, Padang, dan lainnya yang dari pulau Sumatera baru ada yang tiba hari ini.

Berita selengkapnya di sini.
 
Jasa Marga siap operasionalkan Jalan tol Jakarta - Cikampek II Selatan
 
PT Jasa Marga melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap membuka operasional Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan segmen Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer sebagai jalur fungsional selama periode libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah/2024 Masehi.
 
"Jalur fungsional tol ini siap dibuka untuk membantu mengurangi kepadatan kendaraan di Simpang Susun Dawuan kilometer 66," kata Direktur Utama PT JJS Charles Lendra dalam keterangan yang diterima di Cirebon Jawa Barat, Minggu.

Berita selengkapnya di sini.
 
Pelabuhan Gilimanuk memasuki puncak arus mudik lebaran
 
Pelabuhan Gilimanuk Kabupaten Jembrana, Bali, dua hari belakangan memasuki puncak arus mudik dengan ribuan kendaraan berdatangan untuk menyeberang ke Pulau Jawa.
 
"Seperti tahun-tahun sebelumnya, kepadatan kendaraan pemudik terjadi pada malam hari. Namun, pada pagi hari sudah berkurang signifikan," kata Kapolres Jembrana Ajun Komisaris Besar (AKBP) Endang Tri Purwanto di Gilimanuk, Minggu.

Berita selengkapnya di sini.
 
Pemudik bersepeda motor diimbau waspadai cuaca ekstrem di Jateng
 
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau pemudik,khususnya yang mengendarai sepeda motor agar mewaspadai potensi cuaca ekstrem hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jawa Tengah.
 
"Wilayah Jateng yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem pada hari Senin (8/4) meliputi Kabupaten Cilacap, Boyolali, Pemalang, dan sekitarnya," kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Jateng, Minggu.

Berita selengkapnya di sini.

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024