Kegiatan mudik gratis yang telah digelar ketiga kalinya ini mampu membantu masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan PT Kosmetika Cantik Indah (MS Glow) melepas 500 peserta mudik bersama dari Jakarta ke sejumlah kota di Pulau Jawa.

"Kolaborasi ini tahun ketiga ini naik (peserta) tahun lalu 400 orang, tahun ini menjadi 500 orang peserta," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pelepasan mudik gratis yang digelar di Jakarta, Senin.

Adapun rute mudik bareng Lebaran 2024 yang diikuti masyarakat umum dan pegawai Kemenparekraf ini terbagi dalam tiga rute yakni Jakarta-Semarang-Surabaya dengan peserta sebanyak 190 orang, Jakarta-Solo-Yogyakarta 218 orang peserta, serta Jakarta-Surabaya-Malang 72 orang.

Sandiaga juga menuturkan kegiatan mudik gratis yang telah digelar ketiga kalinya ini mampu membantu masyarakat, terlebih di tengah tantangan ekonomi yang semakin berat terutama bagi pekerja di sektor informal sehingga meringankan peserta dari sisi biaya.
 
Sementara itu, Founder MS Glow Gilang W Pramana berharap kegiatan kolaborasi dengan Kemenparekraf ini dapat berlanjut serta dapat menghadirkan jumlah peserta yang lebih banyak pada waktu mendatang.

"Semoga kolaborasi MS Glow dengan Kemenparekraf dapat berjalan, karena kegiatan ini tepat sasaran," ujarnya.
 
Dirinya juga mengatakan para pemudik yang berdomisili di kawasan Jakarta dan sekitarnya, tercatat 40 persen di antaranya merupakan perempuan. Hal tersebut menurutnya merupakan bentuk kepedulian pihaknya terhadap perempuan.
 
Sementara armada yang digunakan merupakan bus dengan kapasitas 50 orang peserta per unit. Ke depan, pihaknya bakal mengusahakan agar kapasitas peserta mudik dapat meningkat.

Baca juga: Menparekraf-pemda koordinasi siapkan destinasi wisata sejumlah daerah
Baca juga: Sandiaga: Perputaran ekonomi saat libur Lebaran 2023 capai Rp240,1 T
Baca juga: Sandiaga minta masyarakat yang mudik berkontribusi ke ekonomi lokal

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024