fasilitas yang ada memang siap secara penuh untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik yang menggunakan angkutan udara melalui Bandara El Tari
Kupang (ANTARA) - Manajemen PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang, Nusa Tenggara Timur, menyediakan fasilitas di bandara guna memberikan kenyamanan kepada pemudik di bandara itu.

“Kalau berbicara fasilitas kita memang sudah siap, karena memang sejak awal fasilitas yang ada memang siap secara penuh untuk memberikan kenyamanan kepada pemudik yang menggunakan angkutan udara melalui Bandara El Tari Kupang,” kata General Manager Bandara Internasional El Tari Kupang Lilik Pujianto di Kupang, Senin.

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan kesiapan bandara tersebut melayani pemudik yang melintas melalui bandara tersebut baik yang ke Kupang maupun yang keluar dari Kupang melalui satu dari tiga bandara Internasional di Pulau Timor itu.

Dia mengatakan bahwa fasilitas-fasilitas yang ada telah sesuai dengan standard yang diterapkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Sejumlah fasilitas yang siap tersebut seperti pengatur suhu udara di ruangan tunggu pemudik, toilet, tempat duduk di ruang tunggu yang nyaman, serta fasilitas di ruang chek in yang membuat pemudik nyaman.

Baca juga: AP I : Bandara El Tari punya rute penerbangan baru

Sementara itu fasilitas untuk pesawat terbang seperti apron dan run way juga sudah disiapkan lebih baik lagi untuk arus mudik tersebut.

Berdasarkan catatan, kata dia, jika di hari- hari biasa, jumlah penumpang yang tiba bisa mencapai 2.000 orang. Begitu pula yang berangkat melalui bandara tersebut.

Lebih lanjut kata dia, selain fasilitas bagi pemudik dan pesawat udara, pihaknya juga menyiapkan beberapa contigency plan guna memberikan layan terbaik bagi pengguna jasa Bandara Internasional El Tari Kupang baik untuk pemudik maupun bukan pemudik.

“Kami berharap koordinasi dan komunikasi antar instansi yang tergabung dan terkait dalam satgas mudik Idul Fitri di bandara ini dapat berjalan dengan baik, “ ujar dia.

Nurul Fatima pemudik asal Surabaya, Jawa Timur menilai bahwa fasilitas yang ada di Bandara El Tari sudah bisa dikatakan sudah memadai dan nyaman yang tidak kalah dengan bandara lainnya di Pulau Jawa.

“Hanya bedanya memang kalau di Surabaya misalnya, bandaranya luas sekali. Tetapi di sini kecil tapi nyaman,” ujar dia.

Baca juga: Bandara Wunopito di Lembata ditutup dampak erupsi Gunung Lewotobi

Baca juga: Bandara Gewayantana Larantuka ditutup akibat erupsi Gunung Lewotobi

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024