Pengerjaan sumur resapan itu hampir 80 persen dan diharapkan dapat bekerja maksimal,"
Jakarta (ANTARA News) - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta Drs H Bambang Musyawardan mengimbau masyarakat Jakarta untuk mewaspadai genangan yang timbul usai hujan deras.

"Diperkirakan Jakarta akan mengalami hujan dalam waktu beberapa hari ke depan. Untuk itu, kami mengimbau masyarakat untuk mewaspadai genangan yang ada di jalan," jelas dia.

Hujan yang mengguyur Jakarta pada Rabu (13/11), lanjut dia, telah mengakibatkan genangan di 34 titik jalan raya dan 10 RW di DKI Jakarta.

"BPBD telah berkoordinasi dengan Satgas banjir Dinas PU dan Kelurahan untuk melakukan penanganan langsung secara teknis dengan membersihkan saluran yang tersumbat sampah pada gorong-gorong dan saluran drainase serta menggunakan pompa untuk menyedot genangan".

Dia juga menambahkan BPBD juga menggandeng beberapa unit terkait seperti Dinas Sosial, PMI, Dinas Kesehatan dan Satpol PP.

"Mengingat lambat surutnya genangan di jalan-jalan juga diakibatkan saluran drainase tersumbat sampah, diharapkan warga meningkatkan kepedulian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," tukas dia.

Bambang juga menambahkan, saat ini Pemprov DKI Jakarta sedang membuat 1958 sumur resapan yang jika telah selesai semua akan mampu mengurangi sekitar 20 persen di 124 kelurahan rawan banjir.

"Pengerjaan sumur resapan itu hampir 80 persen dan diharapkan dapat bekerja maksimal," harap dia. (I025/A011)

Pewarta: Indriani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013