Layanan samsat itu di unit pelaksana teknis induk
Denpasar (ANTARA) - BUMD PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) atau Bank BPD Bali membuka layanan terbatas untuk penerimaan pembayaran pajak kendaraan bermotor (samsat) dan pungutan wisatawan asing selama libur Lebaran 2024.

“Layanan samsat itu di unit pelaksana teknis induk,” kata Direktur Utama Bank BPD Bali I Nyoman Sudharma di Denpasar, Senin.

Dengan begitu, bank pelat merah milik pemerintah daerah di Pulau Dewata itu tidak membuka layanan di kantor cabang selama libur Lebaran.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Bali telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 862 tahun 2024 tentang Layanan Samsat yang buka pada 8,9,12,dan 13 April 2024 khusus di kantor samsat induk seluruh kabupaten/kota di Bali.

Layanan terbatas untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor (samsat) itu bukan hingga pukul 14.00 Wita untuk 8 dan 9 April dan pada 12-13 April buka hingga pukul 13.00 Wita.

Sedangkan layanan samsat pada 15 April 2024 tetap dibuka di seluruh layanan samsat di kabupaten/kota di Bali.

Kemudian pada 10 dan 11 April, layanan samsat tutup sehubungan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Dengan adanya layanan terbatas tersebut diharapkan memudahkan wajib pajak menunaikan kewajiban membayar pajak termasuk mendongkrak penerimaan asli daerah (PAD).

Sementara itu, Bank BPD Bali juga tetap menerima pungutan wisatawan asing sebesar Rp150 ribu per orang per kunjungan.

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Bali sejak 7 Februari hingga 8 April 2024 sekitar pukul 09.00 Wita, sudah terkumpul Rp51 miliar yang dibayarkan oleh 340 ribu wisatawan asing.

Di sisi lain, Bank BPD Bali juga mengalokasikan sebanyak Rp600 miliar uang tunai untuk mengisi mesin anjungan tunai mandiri (ATM).

Jumlah itu meningkat 50 persen dibandingkan tahun 2023 mengingat libur nasional dan cuti bersama yang cukup panjang yakni pada 8-15 April 2024.

Dia menjelaskan uang tunai itu dialokasikan untuk mengisi 238 unit ATM dan mesin setor/tarik tunai (CRM) di seluruh Bali dan kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, penyediaan uang tunai itu juga untuk pembayaran gaji dan tunjangan hari raya (THR) PNS di Bali.

Selama libur panjang itu, seluruh ATM dan CRM beroperasi normal yang dapat melayani penarikan, penyetoran dan transaksi pembayaran lainnya, termasuk mengoptimalkan kanal pembayaran digital/non tunai di antaranya layanan mobile banking dan Balipay.

Baca juga: Bank BPD Bali petik kinerja positif setelah relaksasi kredit COVID-19
Baca juga: OJK: 10 BPD lakukan konsilidasi menjadi KUB penuhi MIM
Baca juga: Bank BPD Bali alokasi Rp600 miliar isi ATM saat libur Lebaran


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024