Kedatangan penumpang meningkat selama tiga hari terakhir ini dan sampai malam nanti terus bertambah
Cirebon (ANTARA) -
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 3 Cirebon, Jawa Barat, mencatat jumlah penumpang yang tiba di seluruh stasiun di wilayah itu mencapai 71.603 orang hingga H-2 Idul Fitri 1445 Hijriah/Lebaran 2024.
 
Manajer Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul mengatakan lonjakan pergerakan pemudik di semua stasiun itu sudah terjadi sejak tiga hari terakhir, dengan jumlah rata-rata sekitar 10 ribu penumpang.
 
“Saat ini mulai masuk puncak kedatangan penumpang di Daop 3 Cirebon. Kedatangan penumpang meningkat selama tiga hari terakhir ini dan sampai malam nanti terus bertambah,” kata Zainul saat dikonfirmasi di Cirebon, Senin.
 
Ia menyampaikan berdasarkan data, jumlah penumpang yang tiba di Daop 3 Cirebon pada Senin (8/4) hingga pukul 10.00 WIB, tercatat sebanyak 9.844 penumpang.
 
Menurutnya, selama periode mudik Lebaran estimasi pergerakan penumpang akan meningkat karena masih banyak masyarakat yang menggunakan kereta api (KA) sebagai moda transportasi andalan untuk pulang ke kampung halaman.

Baca juga: KAI Daop 3 berikan layanan kesehatan gratis pada H-2 Lebaran 2024

Baca juga: KAI tambah delapan perjalanan KA Bandara YIA Xpress masa Lebaran 2024
 
“Jumlah ini kami prediksi akan meningkat lagi karena berdasarkan data saja sudah mengalami lonjakan penumpang,” ujarnya.
 
Lebih lanjut, Zainul mengungkapkan peningkatan juga akan terjadi pada penumpang yang naik atau berangkat melalui stasiun di Daop 3 Cirebon khususnya setelah Lebaran.
 
Puncak keberangkatan penumpang akan terjadi pada H+2 Lebaran atau di hari Sabtu (13/4) dengan jumlah penumpang sebanyak 8.484 orang. “Angka ini akan terus bertambah mengingat ketersediaan tempat duduk masih ada,” ucap dia.
 
KAI Daop 3 Cirebon mengimbau masyarakat segera melakukan pemesanan tiket KA selama masa angkutan Lebaran 2024. Sebab saat ini jumlah tempat duduk yang dipesan sudah sebanyak 102.516 kursi.
 
Dari jumlah itu, terdapat lima stasiun yang terbanyak naik penumpangnya yakni Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Brebes, Jatibarang dan Haurgeulis.
 
“Jumlah perjalanan KA untuk masa Lebaran 2024 yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon sebanyak 119 perjalanan reguler serta 32 perjalanan KA tambahan,” katanya.

Baca juga: KAI Bandung tambah gerbong ekonomi pada rangkaian KA Malabar

Baca juga: KAI Daop 8 catat puncak arus mudik di Stasiun Malang pada 6 April

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024