Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf menyambut baik komitmen pihak pembeli komoditas kopi asal Mesir, Al Amal for Agricultural Crops, untuk meningkatkan volume impor biji kopi robusta dari Indonesia.

"Saya mengapresiasi importir Al Amal for Agricultural Crops yang secara terus menerus mengimpor biji kopi Indonesia. Dengan hubungan yang erat ini, kerja sama dagang terus terbina, bila ada hambatan dapat dikomunikasikan secara baik untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat kedua negara," kata Lutfi Ketika menghadiri pertemuan tahunan buyer kopi Mesir di Kota Damanhour, Provinsi Beheira, pada Sabtu (6/4), seperti disampaikan KBRI Kairo.

Menurut dia, adanya kebutuhan konsumsi kopi yang terus meningkat di pasar Mesir—khususnya untuk biji kopi robusta—menjadikan Mesir pasar yang sangat potensial bagi eksportir Indonesia.

Direktur Al Amal for Agricultural Crops Ragab Shehata memaparkan perusahaannya pada 2023 telah mengimpor lebih dari 4.500 ton biji kopi Indonesia terutama biji kopi robusta yang sangat digemari oleh warga Mesir.

Ragab mengungkapkan perusahaannya untuk tahun 2024 berkomitmen mengimpor 5.000 ton biji kopi robusta dengan nilai 21 juta dolar AS (sekitar Rp333,9 miliar).
Baca juga: Kemenko Marves harap Indonesia dongkrak tradisi lewat kopi

"Perusahaan Al Amal for Agricultural Crops menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada perwakilan RI di Kairo, para pelaku ekspor dan petani kopi Indonesia yang telah bekerja keras memberikan kopi-kopi terbaik ke pasar Mesir,” kata Ragab Shehata.

Hingga kini, Mesir adalah pasar terbesar kedua tujuan ekspor kopi Indonesia ke pasar global.

Merujuk laporan Biro Statistik Mesir (CAPMAS), ekspor biji kopi Indonesia ke pasar Mesir pada 2023 menduduki peringkat pertama dari seluruh negara eksportir kopi dunia ke Mesir dengan nilai ekspor sebesar Rp1,46 triliun.
Baca juga: Mendag : Kopi robusta Lampung Barat komoditas ekspor terkenal di dunia

Atase Perdagangan KBRI Mesir M Syahran Bhakti berharap eksportir kopi Indonesia dapat memenuhi permintaan buyer kopi Mesir pada 2024 ini hingga di atas Rp1,5 triliun.

Dalam laporan Biro Statistik (BPS) Indonesia, nilai ekspor kopi Indonesia ke dunia mencapai Rp25,5 triliun. Kopi Indonesia di pasar Mesir mempresentasikan 5,24 persen dari pangsa pasar kopi Indonesia ke seluruh dunia.

Beberapa perusahaan yang menggawangi ekspor kopi Indonesia ke Mesir di antaranya PT Asal Jaya, PT Taman Delta Indonesia, PT Olam Indonesia, PT Golden Coffee Bean, PT Asia Makmur, PT Ulubelu Cofco Abadi, PT Sarimakmur Tunggal Mandiri, PT Vastav, PT Sulotco Jaya Abadi, dan PT Kans Agro Indonesia.

Baca juga: Indonesia sukses lakukan transaksi imbal dagang kopi ke Mesir
Baca juga: KJRI jembatani pengusaha kopi Indonesia masuki pasar Malaysia


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024