Jakarta (ANTARA) - Google dikabarkan berpotensi untuk menghadirkan ringkasan email atau surat elektronik (surel) di aplikasi Gmail menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk aplikasi yang diunduh di ponsel Android.

Kabar itu datang dari ahli teknologi informasi yang dikenal di X dengan nama akun @assembledebug bersama dengan PiunikaWeb.

Mereka mengatakan Gmail di Android mungkin akan melakukan peningkatan yang cerdas berupa ringkasan untuk email-email menggunakan AI untuk pesan yang panjang.

Baca juga: Google mungkin buat layanan pencarian dengan AI jadi berbayar

Baca juga: Google hadirkan "Build with AI" bagi pengembang aplikasi di Jakarta


Dengan demikian pengguna nantinya tidak perlu repot memilah dan memilih pesan penting dari pesan tersebut.
 
Saat ini fitur itu telah hadir pada aplikasi Gmail beta versi 2024.03.31.621006929, mereka melihat tombol baru bernama "Ringkas email ini".

Asal tahu saja, Google sudah menawarkan ringkasan email untuk pengguna rangkaian Gemini for Workspace, namun saat ini hanya tersedia di Gmail versi web.

Jadi sebenarnya fitur ini tidak terlalu mengejutkan jika dihadirkan ke aplikasi Android.

Fitur baru ini mungkin cukup berguna untuk Gmail di ponsel pintar, terutama untuk email yang panjang atau email yang penuh dengan informasi.

Selain itu, tombol baru di aplikasi seluler ini sepertinya ditujukan untuk semua orang, bukan hanya pengguna rangkaian Workspace.

Seperti diketahui, Google telah memiliki kecerdasan buatan generatif yang diberikan nama Gemini.

Model Bahasa Besar atau Large Language Model (LLM) itu dilatih berdasarkan sejumlah besar data yang tersedia untuk umum dan dapat berkomunikasi serta menghasilkan teks mirip manusia untuk menjawab berbagai pertanyaan.

Baru-baru ini hadir juga rumor bahwa Google bakal menghadirkan saran balasan dari Gemini di Gmail di Android. Demikian dilaporkan Phone Arena, Senin.

Baca juga: Google hentikan sementara kemampuan Gemini hasilkan gambar AI orang

Baca juga: Google umumkan inisiatif pertahanan siber berbasis AI cegah peretasan

Baca juga: Google: Jangan berikan informasi rahasia kepada Gemini

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024