Jadi yang pertama sore hari ini tanggal 8 April Bapak Presiden melalui Kepala Biro Protokol meminta kepada jajaran Setpres untuk memberikan sembako sejumlah kurang lebih 1.000 paket, 1.000 kantong
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Sekretariat Presiden (Setpres) menyalurkan sekitar 1.000 bantuan berupa sembako kepada masyarakat, yang dibagikan di depan Istana Merdeka Jakarta, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin sore.

Penyaluran bantuan yang berlangsung sekitar pukul 16.30 WIB turut disaksikan Presiden Jokowi yang menyempatkan waktu keluar dari pagar Istana Merdeka menuju bahu Jalan Medan Merdeka Utara sekitar 10 menit.

"Jadi yang pertama sore hari ini tanggal 8 April Bapak Presiden melalui Kepala Biro Protokol meminta kepada jajaran Setpres untuk memberikan sembako sejumlah kurang lebih 1.000 paket, 1.000 kantong," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono usai mendampingi Presiden Jokowi meninjau penyaluran bantuan tersebut.

Presiden Jokowi yang sore itu mengenakan kemeja putih dan celana hitam sempat melambaikan tangan kepada para penerima bantuan, sambil berdialog dengan Heru dan pejabat terkait.

Baca juga: Presiden sebut bantuan pangan beras hingga akhir tahun bergantung APBN

Salah satu penerima bantuan dari kalangan pengendara ojek online (ojol), Riyanto Wibisono mengatakan bantuan yang diterima berisi 5 kg beras, minyak sayur, biskuit, serta teh celup, yang dikemas dalam satu kantong putih bertuliskan Bantuan Presiden RI.

"Saya tahunya dari rekan sesama GoJek di Stasiun Gambir. Ada informasi di Istana ada sembako untuk ojol sebelum jam 4 sore ini," katanya.

Warga Kemayoran itu pun bergegas mengantre di Jalan Medan Merdeka Utara selama lebih dari 30 menit, hingga akhirnya antrean dibuka oleh Paspampres mulai pukul 16.30 WIB.

Baca juga: Presiden Jokowi upayakan bantuan beras dilanjutkan hingga akhir tahun
 
Salah satu pengendara ojek online memperlihatkan tinta hitam di jarinya sebagai tanda penerima bantuan dari Presiden Joko Widodo di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2024). (ANTARA/Andi Firdaus)


Riyanto bersama pemotor lainnya mengantre menuju meja sembako di sekitar bahu jalan. Terdapat lima titik meja yang menjadi tempat penyimpanan kantong berisi sembako.

Penerima bantuan yang telah menerima jatah sembako kemudian menyelipkan salah satu jarinya ke botol tinta sebagai tanda keikutsertaannya dalam kegiatan itu.

Selain pengendara ojol, bantuan itu juga diterima sekumpulan petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta yang kebetulan sedang bekerja di sekitar Istana Merdeka.

"Kebetulan lagi kerja, terus ada yang ramai-ramai, kami datang dan dapat juga. Alhamdulillah, terima kasih Pak Jokowi," katanya.

Baca juga: Menkeu: Bantuan kemasyarakatan presiden bukan dari perlinsos

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024