Di bawah kepemimpinan Bernanke yang bijaksana dan terampil, Fed membantu menstabilkan sistem keuangan, mencegah penurunan tajam perekonomian, dan mendorong kembali pertumbuhan."
Washington (ANTARA News) - Janet Yellen, yang dicalonkan Gedung Putih untuk memimpin Federal Reserve, Kamis, mengatakan bank sentral akan melakukan apa yang ada di kekuasaannya untuk mendukung pemulihan ekonomi AS yang kuat.

"Saya menganggap itu penting untuk melakukan apa yang kita bisa untuk mendorong pemulihan yang sangat kuat," katanya kepada sebuah panel penguji di Senat tentang pencalonannya, lapor AFP.

Yellen, wakil ketua The Fed saat ini, menekankan bahwa operasi stimulus The Fed, terutama program pembelian aset 85 miliar dolar AS per bulan untuk mempertahankan penurunan suku bunga, "tidak bisa terus selamanya."

Tetapi karena tidak adanya tekanan inflasi dan karena negara masih menghadapi pengangguran yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang lemah, katanya, pembuat kebijakan Fed "memiliki keharusan dan komitmen" untuk memperkuat pertumbuhan dan pasar pekerjaan.

Yellen mengatakan kepada Komite Perbankan Senat bahwa tingkat pengangguran sebesar 7,3 persen masih terlalu tinggi dan mencerminkan ekonomi berjalan "jauh di bawah" dari potensinya.

Selain itu, ia mencatat, tingkat pengangguran jangka panjang, dan pekerja paruh waktu, berada pada "tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya" dan mencerminkan sektor pekerjaan masih lemah.

"Kami telah membuat kemajuan yang baik, tetapi kami harus lebih jauh bergerak untuk mendapatkan kembali kekuatan hilang dalam krisis dan resesi," katanya.

"Pengangguran turun dari puncaknya 10 persen, tetapi pada 7,3 persen pada Oktober, masih terlalu tinggi, mencerminkan kinerja pasar kerja dan perekonomian jauh dari potensi mereka."

Yellen, 67, ditanyai secara cermat tentang pandangannya menjelang pemungutan suara komite atas pencalonannya oleh Presiden Barack Obama untuk menggantikan ketua The Fed Ben Bernanke, sekutu dekatnya, yang akan berakhir masa tugasnya.

Komite yang didominasi Demokrat secara luas diperkirakan akan menyetujui pencalonannya, yang kemudian harus dipilih oleh Senat secara penuh.

Tetapi Republik di komite juga menunjukkan sedikit sikap permusuhan kepadanya, sekalipun mereka mengangkat pertanyaan tentang risiko terhadap perekonomian dari operasi stimulus The Fed yang sedang berlangsung.

Yellen menekankan bahwa Fed menjaga dengan ketat dampak sikap uang longgar dan mengambil risiko-risiko potensial dengan "sangat serius" .

"Program ini tidak bisa berlangsung selamanya. Ada biaya dan risiko yang terkait dengan program ini," katanya.

Yellen juga membela tanggapan Bernanke terhadap krisis ekonomi 2008, yang katanya bisa saja "jauh lebih buruk" tanpa kepemimpinannya.

"Di bawah kepemimpinan Bernanke yang bijaksana dan terampil, Fed membantu menstabilkan sistem keuangan, mencegah penurunan tajam perekonomian, dan mendorong kembali pertumbuhan."


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013