Melalui pemantauan ini, kita ingin memastikan bahwa seluruh layanan masyarakat terkait mudik dan balik Lebaran tahun 2024 bisa berjalan dengan aman, sehat, lancar, dan selamat
Ngawi (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono bersama Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto dan forkopimda memantau kesiapan jalur mudik Lebaran 2024 di jalan tol Ngawi-Solo, tepatnya di area istirahat kilometer 575 A masuk Desa Ngale, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi, guna mewujudkan kegiatan mudik yang aman, sehat, dan lancar.

Forkopimda yang turut dalam rombongan Pj Gubernur Adhy dan Kapolda Jatim adalah, Panglima Kodam V/Brawijaya Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Rafael Granada Baay dan Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Ariantyo Condrowibowo.

"Melalui pemantauan ini, kita ingin memastikan bahwa seluruh layanan masyarakat terkait mudik dan balik Lebaran tahun 2024 bisa berjalan dengan aman, sehat, lancar, dan selamat," ujar Pj Gubernur Adhy di sela pemantauan di Ngawi, Senin.

Menurut dia, pemantauan tersebut penting mengingat titik Ngawi merupakan daerah perbatasan antara Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah, tempatnya masuk para pemudik dari wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY Yogyakarta.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Imam Sugianto menyatakan sesuai hasil pantauan, meski arus lalu lintas mulai terjadi peningkatan, namun secara umum masih lancar terkendali. Terlebih di Jawa Timur terpantau sejauh ini tidak ada simpul-simpul kemacetan.

"Berdasarkan data yang ada, puncak arus mudik tercatat terjadi pada Sabtu, 6 April 2024 atau H-4 Idul Fitri 1445 Hijriah dengan jumlah 29.520 unit kendaraan masuk ke Jatim.

Sementara pada Minggu, 7 April 2024 atau H-3 Idul Fitri 1445 Hijriah mulai turun, terpantau sebanyak 22.522 unit masuk Jatim. Sedangkan kendaraan keluar Jatim terpantau sebanyak 50.054 unit.

Ia menambahkan untuk jalur Ngawi yang rawan kecelakaan, baik di jalur arteri maupun jalur tol, terus dilakukan koordinasi dengan pihak pengelola jalan tol, pemda, serta polres setempat.

"Termasuk penambahan rambu-rambu lalu lintas, lampu strobo, dan sarana lainnya yang menunjang lainnya," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono bersama jajaran forkopimda juga menyerahkan bantuan bagi personel yang bertugas di pos pengamanan terpadu dan pos res area tol Ngawi.

Pihak Forkpimda Jatim mengapresiasi kesiapan seluruh anggota jajaran yang terlibat dan bersiaga di semua pos pelayanan dan pengamanan mudik dan balik lebaran tahun ini. Hal tersebut merupakan wujud sinergitas semua pihak untuk mewujudkan layanan mudik dan balik Lebaran 2024 di Jawa Timur yang aman, sehat, lancar, dan selamat.

Baca juga: 3.840 warga ikuti mudik gratis Pemprov Jatim
Baca juga: Pj Gubernur Jatim: Bandara Kediri 100 persen siap
Baca juga: Pj Gubernur: Potensi EBT Jatim capai 188.410 MW

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024