Jadi jalur Puncak, Jawa Barat ini selalu menjadi pilihan utama untuk wisatawan, juga menjadi pilihan bagi pemudik terutama pemudik roda dua.
Kabupaten Bogor, Jawa Barat (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan Jalur Puncak, Jawa Barat menjadi pilihan bagi wisatawan dan pemudik pada libur Lebaran.

"Kita melihat kesiapan dari jalur mudik yang juga bersinergi dengan jalur wisata. Jadi jalur Puncak, Jawa Barat ini selalu menjadi pilihan utama untuk wisatawan, juga menjadi pilihan bagi pemudik terutama pemudik dengan kendaraan roda dua," ujar Sandiaga, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin.

Dia mengapresiasi kerja sama yang luar biasa antara Penjabat (Pj) Bupati Bogor Asmawa Tosepu dengan instansi-instansi terkait.

"Kesigapan inilah yang kita perlukan, bukan hanya dari penyiapan dari destinasi wisata, jalur lalu lintasnya, tetapi juga mencakup penyiapan UMKM-UMKM-nya," katanya lagi.

UMKM-UMKM ini sudah diberikan pelatihan-pelatihan, sehingga nantinya produk-produknya akan bisa lebih meningkat dan membawa dampak ekonomi yang luas bagi masyarakat.

Sandiaga juga mengapresiasi kepada TNI-Polri, Basarnas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Kesehatan, dan juga semua yang telah terlibat di bawah koordinasi Penjabat Bupati Bogor.

"Mudah-mudahan liburan kali ini lebih baik dari tahun lalu dan dampak ekonomi kepada masyarakatnya lebih luas," katanya pula.

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu mengatakan bahwa pihaknya siap untuk menyambut wisatawan di Kabupaten Bogor.

"Karena (Jalur Puncak) ini merupakan salah satu potensi yang ada di Kabupaten Bogor, maka tentunya perlu dipersiapkan semua bukan hanya infrastruktur fisik namun juga personel di lapangan, bahkan dukungan kepada para wisatawan terkait dengan UMKM," ujar Asmawa Tosepu.

Bahkan, pihaknya melaporkan terkait mitigasi bencana di lokasi-lokasi wisata juga sudah dipersiapkan dan menugaskan personel untuk bersiaga di lokasi-lokasi tersebut. Semua ini dalam rangka memastikan dan memberikan kenyamanan kepada wisatawan yang berlibur.
Baca juga: Jalur Puncak-Cianjur Jabar ramai lancar volume kendaraan meningkat
Baca juga: BPBD Cianjur Jawa Barat relokasi delapan rumah di jalur longsor

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024