bisa menjadi salah satu solusi dalam menurunkan inflasi
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mendampingi Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan menghadiri panen raya komoditas bawang merah di lahan pertanian Kampung Pulo Turi, Desa Banjarsari, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi.

Dani Ramdan mengatakan kegiatan panen raya dari program ketahanan pangan bertajuk 'Urban Farming' yang digarap Kodam Jaya ini bisa memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat Kabupaten Bekasi.

"Pemerintah Kabupaten Bekasi akan terus memberikan dukungan penuh agar upaya ini berhasil sehingga mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar, bisa menjadi salah satu solusi dalam menurunkan inflasi," katanya di Bekasi, Senin.

Baca juga: Manunggal Air TNI hidupkan Desa Gunung Haji sebagai lumbung pangan
Baca juga: TNI kelola 34 hektar lahan di Papua jadi kebun untuk kebutuhan pangan


Dani menyebutkan ada dua hal baik dalam kegiatan panen bersama komoditas bawang merah ini. Pertama, Kabupaten Bekasi terbukti mampu menanam bawang dengan hasil yang bagus.

"Ini tentu sebuah kejutan yang baik dan bisa memberikan harapan bagi Kabupaten Bekasi dalam memberikan kontribusi untuk bangsa," katanya.

Hal baik kedua adalah panen bawang merah ini menunjukkan bahwa Tentara Nasional Indonesia tidak hanya sigap melawan musuh negara melainkan juga pandai dalam melawan inflasi.

Kegiatan panen raya bawang merah oleh Kodam Jaya bersama Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat di Kampung Pulo Turi, Desa Banjarsari, Kecamatan Sukatani, Senin (8/4/2024). ANTARA/Pradita Kurniawan Syah
Pangdam Jaya Mayjen TNI Mohamad Hasan mengatakan hasil panen bawang merah di Kampung Pulo Turi, Desa Banjarsari ini merupakan bibit yang berasal dari Brebes dengan menghasilkan kualitas yang sangat baik.

"Sehingga bisa dilihat bahwa wilayah Kabupaten Bekasi ternyata mampu menanam bawang merah dengan kualitas super," katanya.

Ia menjelaskan komoditas bawang merah ini ditanam di atas lahan seluas 2 hektare dan mampu menghasilkan 8-9 ton bawang merah per hektare. Penanaman bawang merah ini juga melibatkan partisipasi aktif masyarakat sekitar.

"Diharapkan bermanfaat bagi warga Kabupaten Bekasi terutama dalam upaya meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat di sini," katanya.

Pangdam Jaya juga berharap ke depan lahan pertanian ini tidak hanya ditanami komoditas bawang merah tetapi juga bisa ditanami cabai atau bahan pangan lain. "Hal ini pun sesuai dengan program yang ada di Kodam Jaya," kata dia.

Baca juga: TNI bantu Pemkab Kukar wujudkan lumbung pangan di IKN
Baca juga: Mentan panen dan tanam jagung di lahan milik TNI di Aceh Besar
Baca juga: Kasad Maruli perintahkan jajarannya ubah lahan tidur jadi produktif


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024