Rudi Voeller akan tetap menjadi Direktur Tim Nasional Putra Jerman hingga setelah Euro 2024.
Jakarta (ANTARA) - Rudi Voeller memperpanjang kontrak sebagai Direktur Olahraga Tim Nasional Jerman hingga akhir Piala Dunia 2026, diumumkan Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) seperti dikutip AFP pada Selasa.

"Rudi Voeller akan tetap menjadi Direktur Tim Nasional Putra Jerman hingga setelah Euro 2024," tulis DFB dalam situsnya.

"Kontrak pria yang mengantarkan Jerman juara dunia pada 1990 itu diperpanjang hingga akhir Piala Dunia edisi berikutnya yang dilangsungkan di AS, Kanada, dan Meksiko pada 2026," sambung DFB.

Voeller menikmati karier cemerlang bersama tim nasional Jerman baik sebagai pemain maupun pelatih, dengan turut menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan runner-up sewaktu menjadi pelatih pada 2002.

Februari tahun lalu pria berusia 63 tahun itu menggantikan Oliver Bierhoff, setelah Jerman tampil buruk dalam Piala Dunia 2022.

"Selama 14 bulan terakhir menjalankan peran ini, saya memandang posisi dengan tanggung jawab besar di DFB ini kian dekat di hati saya," kata Voeller dalam situs DFB.

Direktur Pelaksana Olahraga DFB Andreas Rettig berharap perpanjangan kontak Voeller memberikan kesan positif pada pelatih kepala tim nasional Julian Nagelsmann yang juga akan diikat dalam kontrak jangka panjang.

Nagelsmann menjadi pelatih timnas Jerman pada September 2023, setelah Hansi Flick mundur.

Kontrak Nagelsmann berlaku hingga akhir Euro 2024 yang akan diadakan di Jerman pada 14 Juni hingga 14 Juli.

"Saya tersanjung oleh DFB dan sepak bola Jerman. Berikutnya, kita lihat saja dalam beberapa pekan ke depan," kata Nagelsmann pada pertemuan 24 pelatih tim yang lolos Euro di Duesseldorf.
Baca juga: Julian Nagelsmann ingin hindari histeria setelah kalahkan Prancis
Baca juga: DFB akan ganti tipografi nomor punggung di jersei timnas Jerman

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024