terdapat fasilitas untuk cuci tangan atau wastafel yang dilengkapi kaca, fasilitas urinoir dan fasilitas untuk buang air kecil maupun besar
Kabupaten Bogor, Jabar (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya menyiagakan mobil toilet kabin dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik dan wisata Lebaran 2024 di Simpang Gadog yang merupakan bagian dari Jalur Puncak.

"Mobil toilet kabin ini kelengkapannya terdapat fasilitas untuk cuci tangan atau wastafel yang dilengkapi kaca, fasilitas urinoir dan fasilitas untuk buang air kecil maupun besar," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Cipta Karya Riono Suprapto kepada ANTARA di Simpang Gadog, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa.

Riono menambahkan bahwa Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR sejak 2020 selalu menyelenggarakan mobil toilet kabin tersebut, dan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

"Jadi semakin lama semakin baik, bersih, kering, tidak berbau dan airnya selalu tercukupi untuk kebutuhan warga," katanya.

Dengan demikian, warga dan pemudik merasa nyaman dengan kehadiran fasilitas ini. Mobil toilet kabin tersebut bersifat mobil dan sewaktu-waktu bisa digerakkan ke titik-titik kepadatan.

Mobil toilet kabin ini selalu dilengkapi oleh mobil tangki air dan mobil vacuum tinja.

Baca juga: PUPR beri dukungan sarana prasarana sanitasi dan air di mudik Lebaran

Baca juga: Menteri PUPR sebut Tol Kartasura-Klaten dukung kelancaran mudik


Fasilitas ini khusus untuk daerah yang tidak ada resapan atau penampungan untuk air kotor dan mengambil air bersih.

"Jadi ketiga mobil ini bersifat fleksibel, selalu sudah langsung fungsional dan bisa dipakai," ujar Riono.

Jalur Puncak merupakan salah satu alternatif bagi pemudik yang menuju ke daerah Ciawi, Cianjur dan ke Bandung. Jadi untuk pemudik-pemudik yang kampung halamannya berada di daerah-daerah tersebut.

Selain itu Jalur Puncak merupakan jalur wisata favorit masyarakat, khususnya bagi warga Jabodetabek untuk melakukan kunjungan wisata bersama keluarga

"Jalur puncak sangat strategis," kata Riono.

Sebagai informasi, Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Satuan Tanggap Darurat siap memberikan dukungan sarana dan prasarana arus mudik kegiatan Lebaran 2024 di 50 titik lokasi yang tersebar di 24 provinsi di Indonesia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Diana Kusumastuti mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan mobil toilet kabin sebanyak 35, toilet portable sejumlah 33, hidran umum sejumlah 31, mobil tangki air sebanyak 34, mobil vacuum tinja sebanyak 28, mobil toilet kabin VVIP sebanyak 3, dump truck atau truk angkut sejumlah 3 unit .

Ditjen Cipta Karya menempatkan total 181 orang personel Satgas Tanggap Darurat pada arus mudik tahun ini.

Peta titik lokasi dukungan sarana prasarana yaitu Provinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Lampung, Banten, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ditjen Cipta Karya memberikan dukungan sarana dan prasarana arus mudik terutama sanitasi dan air bersih untuk para pemudik. Diana berharap mobil toilet ini dapat memberikan manfaat kepada pemudik.

Baca juga: Menteri PUPR: Longsor di Tol Bocimi akibat curah hujan tinggi

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024