ada 500-an penumpang, dan 180-an orang turun, baik yang beli paket wisata maupun yang mandiri
Banda Aceh (ANTARA) - Kapal pesiar MS Azamara Onward berbendera Malta mengunjungi Kota Sabang, Aceh, menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, dengan membawa sebanyak 511 wisatawan asing dari berbagai negara.

“Hari ini kita kedatangan kapal pesiar Azamara Onward, ini ada 500-an penumpang, dan 180-an orang turun, baik yang beli paket wisata maupun yang mandiri,” kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Kota Sabang, Selasa.

Kapal pesiar dengan panjang 180,45 meter tersebut bersandar di Dermaga CT-3 BPKS Pelabuhan Sabang. MS Azamara Onward sebelumnya berlayar dari Pelabuhan Klang, Kuala lumpur, Malaysia.

Usai seharian singgah di daerah Pulau Weh itu, kapal pesiar tersebut akan melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Hambantota, Sri Lanka.

Meski kedatangannya saat bulan Ramadhan, kata Reza, pihaknya tetap melakukan penyambutan sesuai dengan standard yang berlaku di Sabang.

Baca juga: Kepal cepat tujuan Sabang mulai layani mudik Lebaran gratis Kemenhub

Baca juga: Turis asal Malaysia dominasi kunjungan wisman ke Aceh pada Februari


“Para pelaku pariwisata tetap siap, baik kendaraan, penjualan suvenir, maupun di destinasi-destinasi wisata. Tapi memang butuh penyesuaian karena di bulan Ramadhan,” ujarnya.

Ia menjelaskan sebagai kota tujuan wisata, setiap turis yang masuk ke Sabang akan membawa dampak secara ekonomi bagi masyarakat. Baik turis yang masuk melalui Pelabuhan Balohan, kapal pesiar, maupun jalur udara.

Hal tersebut akan memberi pengaruh positif bagi masyarakat kota paling barat Indonesia itu yang memang sumber pertumbuhan ekonomi, salah satunya sangat bergantung dari kedatangan wisatawan, di samping sektor perikanan, maupun pertanian.

“Kita harapkan semakin banyak mereka belanja di sini, mereka menghabiskan uang di Sabang, membeli produk yang ada, menggunakan jasa-jasa yang ditawarkan pelaku wisata yang ada di Sabang,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Teuku Zanuarsyah mengatakan selain MS Azamara Onward, kapal pesiar MS Crystal Serenity berbendera Bahamas juga akan singgah di Kota Sabang pada Rabu (10/4) besok, tepatnya pada Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Menurut dia, BPKS dan Pemerintah Kota Sabang terus berkolaborasi dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Sabang, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Tentunya juga harus didukung dengan peningkatan kualitas layanan.

“Pada tahun ini ada beberapa kapal pesiar lain yang juga bakal mengunjungi Kota Sabang yaitu pada bulan Mei, November dan Desember, itu yang sudah terjadwal,” ujarnya.

Baca juga: Pariwisata jadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi di Sabang

Baca juga: Pemkot: Penerbangan ke Sabang tingkatkan kualitas transportasi turis

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024