lonjakan kedatangan pemudik di Stasiun Cirebon sudah terjadi sejak Senin (8/4), tetapi masih ada sebagian penumpang yang akan tiba
Cirebon (ANTARA) -
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan bahwa perjalanan masyarakat yang menggunakan kereta api untuk mudik, telah berlangsung lancar dan aman hingga H-1 Lebaran 2024.
 
Menhub menyebutkan dari hasil tinjauannya di Stasiun Cirebon, Jawa Barat, secara umum para pemudik merasa puas setelah memakai moda transportasi tersebut. Termasuk masyarakat yang hendak berangkat dari stasiun itu.
 
“Hari ini saya memang sengaja ke Cirebon (untuk mengecek arus mudik) lalu nanti sampai ke daerah Karawang, nanti balik lagi,” kata Budi dalam konferensi pers di Cirebon, Selasa.
 
Ia mengatakan lonjakan kedatangan pemudik di Stasiun Cirebon sudah terjadi sejak Senin (8/4), tetapi masih ada sebagian penumpang yang akan tiba di wilayah tersebut.
 
Menurutnya, pergerakan penumpang di stasiun tersebut pun terpantau landai. Namun pihaknya meminta PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 3 Cirebon tetap memberikan pelayanan terbaik kepada pemudik selama masa angkutan Lebaran 2024.

Baca juga: Menhub: "Contraflow" dibutuhkan demi kelancaran arus mudik dan balik

Baca juga: Menhub: Pemudik di gerbang tol utama keluar Jakarta cenderung malam
 
“Kepala stasiun melaporkan, kemarin masih puncak. Sekarang sudah landai. Hari kedua akan puncak lagi. Saya mengharapkan program perjalanan dari para pemudik berjalan dengan baik,” ujarnya.
 
Menhub mengatakan pemerintah bersama PT KAI hingga aparat kepolisian akan menjamin kelancaran, kenyamanan serta keamanan para pemudik di seluruh daerah.
 
“Kami bersama KAI, kepolisian memastikan bahwa pergerakan (pemudik) itu berjalan aman dan nyaman,” katanya.
 
Selain meninjau kondisi stasiun, Budi bersama rombongan juga sempat melakukan interaksi dengan penumpang yang akan melakukan perjalanan memakai jasa kereta api.
 
Sementara Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon Rokhmad Makin Zainul menjelaskan berdasarkan data, jumlah penumpang yang turun di seluruh stasiun di wilayahnya sudah mencapai 81.382 orang sampai H-1 Idul Fitri 1445 Hijriah.
 
Ia mengemukakan peningkatan jumlah penumpang telah terjadi selama empat hari terakhir dengan total rata-rata 10.274 orang per hari yang tiba di Daop 3 Cirebon.
 
“Kedatangan penumpang mudik masih cukup tinggi hari ini, dengan jumlah sebanyak 9.144 penumpang,” kata dia.
 
Zainul menambahkan untuk tiket yang terjual saat ini, telah menyentuh angka 105.681 pemesanan kursi.
 
Jumlah tersebut diperkirakan dapat bertambah, karena semakin banyak masyarakat yang memilih memakai kereta api untuk melakukan perjalanan mudik maupun balik pada periode Lebaran.
 
“Penjualannya sekarang sudah 105.681 tiket. Dengan rincian lima stasiun yang terbanyak naik penumpangnya yaitu Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Brebes, Jatibarang dan Haurgeulis,” ucap dia.

Baca juga: Menhub: Perjalanan mudik harus dipecah sehingga mudah diatur

Baca juga: Menhub pastikan arus mudik di empat moda transportasi berjalan baik

Pewarta: Fathnur Rohman
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024