Jakarta (ANTARA) - Pihak Pelabuhan Tanjung Priok menyiapkan tiga bus TransJakarta untuk menyambut penumpang saat arus balik Lebaran nanti..

"Tiga bus TransJakarta kita siapkan untuk mengantarkan masyarakat dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Terminal Tanjung Priok," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut dan Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Utama Pelabuhan Tanjung Priok Wim Hutajulu saat ditemui di Pekanbaru Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa.

Wim menjelaskan, nantinya tiga unit TransJakarta itu akan berada di dekat lokasi pelabuhan Tanjung Priok. Dengan demikian, para penumpang kapal yang baru sampai di Jakarta tidak akan kesulitan mencari kendaraan umum.

"Jadi mereka diantar ke terminal Tanjung Priok baru mereka bisa naik angkutan umum lain," jelas dia.

Wim melanjutkan, pihaknya merasa perlu menyiapkan hal tersebut lantaran sudah memprediksi terjadinya puncak arus balik di tiga hari yang berbeda.

"Kita prediksi H+3,H+5 dan H+7 soalnya libur karena pemerintah beri libur panjang," kata dia.

Karenanya, untuk menyambut keramaian arus balik itu pihaknya juga telah menyediakan pos terpadu untuk melakukan penjagaan.

Pos terpadu yang berisi 20 dari jasa TNI, Polri dan beberapa aparat terkait nantinya bertugas untuk memastikan tidak ada aksi kriminal selama keramaian arus balik terjadi.

Dia melanjutkan, pos penjagaan tersebut akan terus ada di pelabuhan hingga 26 April mendatang.

Dengan adanya upaya tersebut, dia berharap arus balik yang terjadi di Pelabuhan Tanjung Priok bisa berjalan dengan lancar dan kondusif.
Baca juga: TransJakarta tambah operasional di Terminal Kalideres selama mudik
Baca juga: Pengoperasian TransJakarta rute Pondok Cabe-Lebak Bulus tunggu BPT
Baca juga: TransJakarta segera uji coba rute Pulogadung-Kantor Wali Kota Jakut

Pewarta: Walda Marison
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024