Hari ini merupakan mudik hari terakhir sebelum besok sudah Idul Fitri, pihak posko memprediksi jumlah pemudik mencapai 2.698 orang
Kupang (ANTARA) - Posko Terpadu Angkutan Udara Bandara Internasional El Tari Kupang memprediksi jumlah pemudik yang melintas melalui bandara itu pada pada H-1 Idul Fitri 1445 Hijriah berada pada angka 2.698 orang.

“Hari ini merupakan mudik hari terakhir sebelum besok sudah Idul Fitri, pihak posko memprediksi jumlah pemudik mencapai 2.698 orang,” kata Humas Bandara El Tari Kupang Tyas Novitasari kepada ANTARA di Kupang, Nusa Trnggara Timur, Selasa.

Hal ini disampaikan berkaitan dengan prediksi pergerakan pemudik Idul Fitri 1445 Hijriah melalui bandara internasional itu baik yang tiba maupun yang berangkat melalui bandara tersebut.

Dia mengatakan bahwa untuk pemudik yang tiba melalui bandara itu diprediksi hanya mencapai 1.014 pemudik, sementara yang berangkat lebih banyak yakni 1.684 pemudik.

“Berkurangnya pemudik di H-1 ini karena sudah banyak pemudik yang lebih memilih mudik dari jauh-jauh hari,” ujar dia.

Baca juga: Pemudik di Bandara El Tari capai 3.619 orang pada H-2 Idul Fitri

Baca juga: AP I Bandara El Tari sediakan fasilitas untuk kenyamanan pemudik


Sementara yang berangkat pada H-1 adalah pemudik yang baru mendapatkan izin untuk mudik pada H-1 Idul Fitri.

Fandy pemudik asal Jember Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa dirinya memang baru mendapatkan izin untuk mudik pada H-1 karena memang punya tugas kantor juga.

“Baru bisa berangkat hari ini, tetapi Alhamdulilah besok bisa berkumpul dengan keluarga,” ujar dia.

Sementara itu suasana di bandara tersebut juga masih ramai dengan pemudik yang tiduran di bandara tersebut, sambil menunggu jadwal keberangkatan.

Di ruang tunggu pun demikian, sejumlah kursi di ruang tunggu penuh oleh pemudik. Beberapa pemudik terpaksa duduk dan bersandar di tembok menunggu jadwal pesawat.

Baca juga: AP I : Bandara El Tari punya rute penerbangan baru

Baca juga: Bandara Wunopito di Lembata ditutup dampak erupsi Gunung Lewotobi

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024