Cianjur (ANTARA) - Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, menambah jadwal patroli di jalur alternatif Jonggol-Cianjur guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik terutama dengan roda dua yang meningkat hingga H-1 Lebaran dengan tujuan kota/kabupaten di Jabar.

Kanit Patroli Polsek Sukaluyu Iptu Budi Yuda di Cianjur Selasa, mengatakan volume kendaraan meningkat pada malam hingga dini hari, dimana kendaraan dengan ciri khas mudik tetap memilih jalur alternatif Jonggol didominasi kendaraan roda dua dari arah Bogor dan Bekasi.

"Masih tingginya kendaraan pemudik yang melintas membuat kami dari pos pengamanan menambah jadwal patroli terutama saat malam hingga dini hari karena jalur Jonggol masih jadi jalur alternatif bagi pemudik dari Jakarta dan Bekasi," katanya.

Untuk penambahan jadwal patroli pihaknya berkoordinasi dengan jajaran Polsek untuk melakukan secara bergantian, sehingga pelayanan terhadap masyarakat terutama pemudik yang melintas di sepanjang jalur Cianjur dapat diberikan secara maksimal.

Pihaknya mencatat 300 kendaraan per menit yang melintas di jalur alternatif Jonggol dengan tujuan Bandung Barat dan seterusnya, sebagian besar sudah mematuhi aturan lalulintas dengan tidak membawa penumpang dan barang berlebih.

"Petugas juga mengimbau pemudik yang lelah dapat beristirahat di rest area yang sudah disediakan termasuk di Polsek Cikalongkulon dan Sukaluyu, atau kekita lelah manfaatkan lokasi yang dinilai aman atau ramai untuk beristirahat," katanya.

Untuk pemudik dengan sepeda motor, pihaknya mengimbau agar melakukan perjalanan bersama-sama atau bergerombol guna menghindari aksi kejahatan jalanan, meski pihaknya menggencarkan patroli ke sejumlah titik rawan di sepanjang Jalur Jonggol-Cianjur.

Pihaknya mencatat meski tidak merekomendasikan jalur alternatif Jonggol untuk dilalui pemudik pada malam hari karena landasan jalan rusak, minim lampu penerangan jalan dan minim rambu serta penunjuk arah, namun pengendara diminta waspada dan ekstra hati-hati.

"Kami berharap pemudik yang melintas dapat sampai ke kampung halaman dengan aman dan selamat, kami akan terus memberikan pelayanan untuk masyarakat terutama pemudik hingga H+7 lebaran," katanya.
Baca juga: Polres Cianjur tidak rekomendasikan jalur Jonggol dan Puncak II
Baca juga: Polres Cianjur: Jalur utama Jonggol sudah dapat dilalui dari dua arah
Baca juga: Polisi imbau pengendara gunakan jalur alternatif Puncak Cibubur-Jonggol

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024