Lima tahun lalu, mama punya langganan ini orang Bugis dia pesan mama anyam ketupat sebanyak 200 buah
Timika (ANTARA) - Mama-mama Papua di Timika Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah setiap tahun menjelang Lebaran, menyiapkan anyaman ketupat bagi langganan tetap yang setiap tahun rutin memesan.

Pedagang Pasar Sentral Mama Maria kepada ANTARA di Timika, Selasa, mengatakan, ia sudah mempunyai pembeli khusus yang sudah berlangganan tetap anyaman ketupat.

"Lima tahun lalu, mama punya langganan ini orang Bugis dia pesan mama anyam ketupat sebanyak 200 buah," katanya.

Menurut Mama Maria, sejak lima tahun terakhir ia rutin menganyam ketupat bagi langganannya dengan jumlah yang lumayan banyak. Tahun ini dirinya mendapat pesanan sebanyak 500 buah.

"Tahun ini mama dapat pesanan banyak jadi mama dibantu sama adik dan anak untuk buat supaya lebih cepat, satu ikat ada 10 buah harganya Rp30.000," ujarnya.

Pedagang Pasar Sentral Timika Mina menjelaskan bahwa dirinya rutin berjualan anyan ketupat dan daun pisang saat menjelang lembaran.

"Kita setiap tahun selalu jual ini karena banyak yang pesan, kalau jual selalu habis apalagi satu hari sebelum lebaran kita hanya datang antarkan saja untuk yang pesan dari kemarin," katanya.

Pedagang Pasar Sentral Timika Neti menambahkan bahwa momen Lebaran menjadi selalu dinantikan, sebab dirinya akan mendapatkan pendapatan tambahan diluar dari dagangan sehari-harinya.

"Setiap hari mama jualan sayur dan ubi, kalau sudah dekat lebaran begini kita anyam ketupat karena banyak saudara muslim yang cari untuk persiapan hari raya mereka," katanya.

Baca juga: Polwan ajar mama-anak Papua baca tulis cegah buta aksara di Jayapura
Baca juga: Mensos Risma janji bantu mama-mama Papua hasilkan produk berkualitas
Baca juga: Pemprov PBD hibahkan 8 mobil angkut pedagang mama-mama Papua ke pasar

Pewarta: Agustina Estevani Janggo
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024