Sidoarjo (ANTARA) - Sebanyak 1.200 anggota Polresta Sidoarjo dan Polsek jajaran berkolaborasi bersama personel dari Sat Brimob Polda Jatim, Kodim 0816 Sidoarjo, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan pemangku kepentingan terkait, diturunkan guna mengamankan malam takbir dan Shalat Hari Raya Idul Fitri 2024.

Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing di Sidoarjo, Selasa menekankan agar para personelnya melakukan upaya pengamanan malam takbir dan ibadah Hari Raya Idul Fitri secara maksimal, profesional dan humanis.

"Semua personel siaga penuh untuk memberikan pelayanan dan pengamanan malam takbir Hari Raya Idul Fitri 2024. Antisipasi kepadatan lalu lintas, tindak kriminalitas dan euforia masyarakat yang terlalu berlebihan dalam merayakan malam lebaran," katanya.

Pada kesempatan ini, Kapolresta Sidoarjo Kombes. Pol. Christian Tobing mengimbau kepada masyarakat agar dapat melaksanakan malam takbir Hari Raya Idul Fitri dengan tertib, aman dan nyaman.

Salah satunya tidak melakukan takbir keliling menggunakan kendaraan bak terbuka, sound system yang mengganggu kenyamanan orang lain, konvoi kendaraan bermotor apalagi menggunakan knalpot brong dan di saat takbir ada penggunaan petasan.

"Baiknya kita mengumandangkan takbir hari raya di mushola atau masjid, jika ada takbir keliling mari tetap menjaga keamanan dan ketertiban," katanya.

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga telah melakukan pemantauan di sejumlah pasar terkait dengan harga kebutuhan pokok yang sampai dengan saat ini masih terpantau aman.

Selain itu, pihaknya juga memfasilitasi kepada masyarakat yang ingin menitipkan barang berharga kepada petugas kepolisian sektor setempat.

Dengan demikian, warga yang meninggalkan rumah untuk mudik lebaran tidak perlu lagi was-was akan kehilangan barang berharga milik mereka karena sudah dititipkan di kantor polisi setempat.
Baca juga: Pemkab Sidoarjo sepakat laksanakan Shalat Id di zona hijau dan kuning

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024