Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Selatan melakukan rukyatulhilal untuk menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah atau Lebaran Idul Fitri di Kota Palembang tahun ini.

Pemantauan dilakukan di atas helipad salah satu hotel di Palembang, Selasa, dipimipin secara langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenag Sumsel Syafitri Irwan.

"Meski hilal pada sore ini ada kemungkinan dapat dirukyat, namun untuk di Kota Palembang tidak dapat dirukyat karena pengaruh cuaca turunnya hujan," kata dia.

Baca juga: Pemerintah tetapkan Idul Fitri 1445 Hijriah pada Rabu 10 April 2024

Berdasarkan kriteria Imkanurrukyah Mabims (Menteri Agama Brunai, Indonesia, Malaysia, dan Singapura) ketinggian hilal minimal 3 derajat dan sudut elongasi minimal 6,4 derajat, maka tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah diperkirakan jatuh pada Rabu (10/4).

"Hasil pemantauan ini langsung kami sampaikan kepada Menteri Agama RI sebagai bahan rujukan pada sidang isbat penetapan 1 Syawal 1445 H," ujarnya.

Kumandang takbir terdengar di Masjid Agung Palembang sehingga membuat jamaah larut dalam keharuan menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Tak terasa besok (10/4) sudah Lebaran setelah 30 hari berpuasa dan kumandang takbir ini membuat hati menjadi terharu bahagia," kata Romi, seorang warga setempat.

Baca juga: Kemenag Lampung: Hilal awal Syawal tak terlihat, terhalang mendung 
Baca juga: 1 Syawal besok, Kemenag: Ijtimak hilal sudah terjadi sejak dini hari
Baca juga: Cholil Nafis nilai Sidang Isbat penting untuk beri kepastian waktu

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024