Garut (ANTARA) - Kepolisian Resor Garut menyampaikan arus kendaraan di jalur mudik nasional lintas Limbangan-Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat ramai lancar pada satu hari sebelum Lebaran Idul Fitri 1445 H atau malam takbiran, Selasa.

Kepala Unit Penegakan Hukum Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Priyo Sambodo membenarkan arus lalu lintas kendaraan di jalur nasional Limbangan-Malangbong cenderung lebih lancar dibandingkan dengan hari sebelumnya.

"H-1 penurunannya sudah signifikan, namun demikian masih ada sisa-sisa para pemudik yang mungkin pemudik lokal, dari Bandung ke Tasik, maupun Ciamis," kata Priyo.

Ia menyampaikan arus kendaraan di jalur Limbangan tersebut beberapa hari sebelumnya terpantau cukup padat, sehingga beberapa kali diberlakukan satu arah atau 'one way' untuk menguras kendaraan dari Bandung menuju Tasikmalaya.

Namun saat ini satu hari menjelang lebaran, kata dia, pihaknya untuk wilayah Limbangan sejak pagi sampai sore hanya tiga kali memberlakukan satu arah penarikan arus kendaraan dari Bandung menuju Tasikmalaya.

"Untuk hari ini sudah ketiga, untuk Limbangan sudah ketiga," katanya.

Ia menyampaikan meski kondisi arus lalu lintas di jalur Limbangan cukup lancar, jajarannya tetap siap siaga untuk melakukan pengamanan karena dikhawatirkan tiba-tiba terjadi peningkatan arus kendaraan.

Apalagi menjelang malam takbiran, kata dia, sesuai instruksi pimpinan harus tetap siaga untuk mengatur dan mengamankan jalur nasional agar tetap lancar.

"Antisipasi untuk malam takbiran tetap di jalur Limbangan-Malangbong siap siaga, karena untuk kemungkinan ada kemeriahan masyarakat lokal," kata Priyo.

Selain jalur nasional arus lalu lintas kendaraan di jalur provinsi lintas Kadungora-Leles-Garut Kota juga ramai lancar.

Kepolisian memberlakukan pengalihan arus lalu lintas kendaraan dari arah Bandung dialihkan ke jalan lingkar Kadungora sampai Leuwigoong, kemudian masuk ke wilayah Leles.




 

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024