Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Ratusan ribu warga Muslim di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melaksanakan pawai takbiran keliling dalam rangka menyambut Idul Fitri 1445 Hijriah, Selasa.

Suasana sepanjang jalan di wilayah itu, baik jalan provinsi, kabupaten, maupun desa, termasuk jalan di Kota Praya, diramaikan peserta takbiran keliling.

Berbagai miniatur simbol Islam ditampilkan dalam kegiatan tersebut, antara lain masjid, Kakbah, Al Quran, beduk, dan unta.

Arus lalulintas di Lombok Tengah di beberapa tempat macet karena peserta pawai tersebut menggunakan sebagian ruas jalan. Peserta kegiatan tersebut berasal dari remaja masjid maupun yayasan pondok pesantren dan para pemuda.

Warga mengabadikan pawai tersebut menggunakan telepon pintar untuk dijadikan status di WhatsApp maupun media sosial lainnya.

"Pawai takbiran keliling 2024 dilaksanakan di masing-masing kecamatan," kata Sekda Lombok Tengah Lalu Firman Wijaya.

Baca juga: Ribuan umat Muslim pawai malam takbiran di Sorong Selatan 

Sebanyak 12 kecamatan di Lombok Tengah yang menjadi lokasi pawai takbiran keliling, yakni  Praya, Kopang, Praya Tengah, Janapria, Praya Timur, Pujut, Praya Barat, Praya Barat Daya, Jonggat, Peringgerata, Batukliang, dan Batukliang Utara.

"Peserta kegiatan itu dari masing-masing desa dan kelurahan. Pawai takbiran ini juga ada yang melaksanakan di tingkat desa," katanya.

Polres Lombok Tengah mengharapkan pawai takbir keliling di daerah itu selesai pukul 23.00 Wita.

Kapolres Lombok Tengah AKBP Iwan Hidayat memastikan pihaknya siap mengamankan takbir keliling bersinergi dengan instansi dan pemangku kepentingan terkait.

"Kami mengerahkan 220 personel gabungan yang melaksanakan pengamanan pawai takbiran keliling di Lombok Tengah," katanya.

Para personel ditempatkan di masing-masing wilayah yang sudah ditentukan guna menjaga kelancaran selama kegiatan.

"Pengamanan takbiran ini tetap melibatkan aparat gabungan termasuk Badan Keamanan Desa," katanya.

Baca juga: Polda Bali siagakan ratusan personel amankan pawai malam takbiran
Baca juga: DLH Kota Bandung siagakan 993 petugas saat malam takbiran
Baca juga: Presiden Jokowi berharap Idul Fitri momentum saling memaafkan


Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024