Kuala Lumpur (ANTARA) - Umat Islam di seluruh Malaysia akan menyambut Hari Raya Idul Fitri pada Rabu, 10 April 2024, kata pemerintah melalui siaran langsung televisi lokal yang diikuti di Kuala Lumpur pada Selasa. 

"... saya nyatakan bahwa tanggal hari raya ... untuk negara-negara bagian di seluruh Malaysia adalah Rabu, 10 April 2024,” kata Penjaga Stempel Besar Raja-Raja Tan Sri Syed Danial Syed Ahmad.

Pernyataan itu, kata Syed, disampaikan "dalam rangka menyempurnakan titah perintah Yang Mulia Yang di-Pertuan Agong, setelah disetujui oleh Yang Mulia Raja-Raja". 

Penentuan tanggal Idul Fitri 2024 itu diambil setelah pengamatan nak bulan dilakukan di 29 lokasi di seluruh negara pada Selasa petang. 

Pada kesempatan berbeda, Raja Malaysia Yang di-Pertuan Agong Sultan Ibrahim mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri kepada seluruh rakyat Malaysia yang beragama Islam.

“Saya mengambil kesempatan ini menyerukan semua lapisan masyarakat, tanpa memandang ras dan agama, untuk merayakan Syawal ini dengan amalan saling menziarahi untuk mempererat silaturahim dan persatuan masyarakat,” kata Raja melalui akunnya di media sosial. 

Ia berpesan agar masyarakat memanfaatkan momentum hari raya itu untuk saling memaafkan, terutama antaranggota keluarga, saudara, dan teman. 

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Malaysia Anwar Ibrahim juga mengucapkan selamat hari raya kepada seluruh umat Islam.

Ia berpesan kepada mereka yang melakukan perjalanan ke kampung halaman untuk mengemudi dengan hati-hati dan menunjukkan cinta kepada orang-orang tersayang. 

“Bertemu dan bermaaf-maafan lah. Kita semua melakukan kesalahan, kekhilafan,” ujar Anwar secara langsung di media sosial.

Baca juga: Pemerintah tetapkan Idul Fitri 1445 Hijriah pada Rabu 10 April 2024

Baca juga: Kebersamaan pekerja migran Indonesia di Malaysia jelang Idul Fitri


 

Pemerintah tetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh pada 10 April 2024

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024