Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro mengatakan pihaknya sudah menyiapkan pengamanan dan rekayasa lalu lintas (lalin) di sekitar Masjid Istiqlal, pada perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Kami lakukan bersama Kodim, Kodam Jaya Polda Metro Jaya untuk pengamanan di Masjid Istiqlal," kata Susatyo di Kawasan Bundaran HI Jakarta Pusat, Selasa.

Ia mengatakan selain Masjid Istiqlal, pihaknya juga melaksanakan pengamanan pada perayaan shalat Idul Fitri di beberapa Masjid yang menjadi pusat pelaksanaan shalat.

Menurut dia, selain pengamanan, Polres Metro Jakarta Pusat juga melaksanakan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan Masjid Istiqlal karena di kawasan tersebut diperkirakan terjadi kepadatan.

"Rekayasa lalin di Masjid Istiqlal juga kami persiapkan karena diperkirakan pada hari raya kawasan tersebut padat oleh para jamaah," katanya.

Susatyo menambahkan bahwa pihaknya sudah menyiagakan semua personel Polres Metro Jakarta Pusat dari malam takbiran hingga pelaksanaan shalat Idul Fitri.

Selain itu, kata Susatyo, pihaknya juga melaksanakan pengamanan di lokasi-lokasi strategis di sekitar Jakarta Pusat untuk memastikan semua dalam keadaan aman.

"Pengamanan menjadi satu rangkaian dengan pelaksanaan malam takbiran dan berlanjut terus dari malam hari ini sampai besok shalat Idul Fitri. Lokasi yang prioritas itu pasti menjadi objek pengamanan dari kepolisian," katanya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menyatakan siap mengamankan seluruh kegiatan masyarakat termasuk malam takbiran di Jakarta.

"Kami siap mengamankan seluruh kegiatan masyarakat," katanya saat ditemui di Bundaran Hotel Indonesia.

Dia juga menjelaskan, masyarakat tidak perlu khawatir karena petugas ada di lapangan 24 jam dan masyarakat bisa menghubungi di nomor 110 jika membutuhkan bantuan polisi.

Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan tersebut juga menyebutkan pihaknya mengerahkan sebanyak 1.840 personel gabungan.

Baca juga: Polisi gencarkan patroli di sekitar rumah kosong saat Lebaran
Baca juga: Polres Metro Jakpus imbau pemudik waspadai hipnotis
Baca juga: Polres Metro Jakpus bagikan 500 paket sembako untuk masyarakat

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024