Bandung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengatakan usai meninjau beberapa titik bersama jajaran Forkompinda Jabar, situasi Kota Bandung kondusif pada malam takbiran lebaran 2024 pada Selasa malam.

"Kami apresiasi kepada para petugas yang harus siaga. Setelah meninjau titik-titik di Gedung Merdeka, Gedung Sate dan Posko Cikapayang, kondisi Bandung Raya dan Insya Allah Jawa Barat umumnya aman dan kondusif," kata Bey di Posko Cikapayang, Bandung, Selasa.

Baca juga: Bey undang para mantan Gubernur Jabar halal bihal di Gedung Sate

Bey mengungkapkan bahwa dari pantauan Polda Jabar para petugas harus tetap siap siaga mulai dari H+3 karena diperkirakan masyarakat akan mulai mengunjungi tempat-tempat wisata, seperti di Lembang, Ciwidey, Pangalengan dan juga Pangandaran.

Karena aktivitas pariwisata dan mudik yang kemungkinan masih berlangsung, Bey mengharapkan dan mengimbau masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk memastikan kendaraannya dalam kondisi prima dan juga pengemudinya agar menjaga kesehatan.

"Kalau lelah, silakan beristirahat jangan memaksakan, kita sudah mempersiapkan posko-posko di sepanjang perjalanan, manfaatkan, jangan sampai kelelahan di perjalanan," ucapnya.

Sampai H-1 Idul Fitri 1445 Hijriah, Bey mengatakan arus mudik berjalan cukup baik dibandingkan tahun lalu, termasuk masalah kemacetan.

"Kami berterima kasih kepada masyarakat yang telah mematuhi imbauan kami untuk membagi perjalanan mudik, sehingga tidak terjadi kepadatan yang sangat tinggi," ucapnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Bandung AKBP Eko Iskandar mengungkapkan selama musim mudik 2024 ini, arus lalu lintas di Bandung meningkat sekitar 40 persen.

"Kami fokus antisipasi di pintu masuk Bandung seperti Pasteur. Kemudian pada H+3 sampai H+5 kami waspadai jalur wisata seperti Dago, jalur ke Lembang, jalur Cihampelas, dan TSM," ucap Eko.

Baca juga: Dishub Bandung Barat antisipasi lonjakan arus mudik di malam takbiran
Baca juga: BMKG prakirakan cuaca cerah saat Shalat Idul Fitri di wilayah Jabar
Baca juga: Polres: Waspada jalur Limbangan-Malangbong Garut berbahaya saat hujan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024