Jakarta (ANTARA) - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berharap Idul Fitri 1445 Hijriah menjadi momen yang membawa kebahagiaan dan kedamaian terlebih setelah pelaksanaan Pemilu 2024.

Dia berharap seluruh masyarakat dapat bersatu sebagai anak bangsa untuk melangkah lebih maju.

“Saya sebagai Menteri Dalam Negeri atas nama Kementerian Dalam Negeri dan juga Badan Nasional Pengelola Perbatasan mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Dia pun telah melakukan pertemuan secara virtual dengan kepala daerah. Dalam pertemuan itu, Tito mengimbau kepala daerah agar tetap menjaga situasi yang sudah kondusif pada saat pemilu maupun pascapemilu.

Ia juga meminta kepala daerah dapat merajut kembali perbedaan-perbedaan diantara masyarakat setelah pemilu usai.

“Yang kedua, membantu untuk ibadah Ramadhan dilaksanakan oleh umat Islam dengan baik, menjaga toleransi,” ujarnya.

Selain itu, Tito juga telah mengimbau kepala daerah agar menjaga ketersediaan pangan jangan sampai terjadi lonjakan harga saat Idul Fitri. Dirinya menekankan kepada kepala daerah agar mampu menjaga arus mudik maupun arus balik sehingga berlangsung lancar.

“Jadi, semua saya minta kepada kepala daerah dan Pj (penjabat) kepala daerah semua turun ke lapangan untuk mengecek daerahnya masing-masing agar arus mudik dan arus balik nanti diyakinkan untuk tetap lancar,” jelas Tito.

Sebagai informasi, dalam kesempatan itu, Mendagri bersama sejumlah menteri lainnya mendampingi Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin melaksanakan salat Idul Fitri berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024