"Kami berharap budaya keselamatan di wisata perairan menjadi budaya semua pihak,"
Kudus (ANTARA) - Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah, menyiagakan personel untuk objek wisata air, seperti Bendungan Logung sebagai upaya memastikan warga yang berwisata selama libur Lebaran berjalan lancar, aman, dan kondusif.

"Nantinya, personel yang kami siapkan akan bertugas setiap hari yang tergabung dalam Strong Point Operasi Ketupat Candi 2024' di lokasi tersebut," kata Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto di Kudus, Rabu.

Ia mengingatkan warga Kudus dan sekitarnya yang hendak berwisata air untuk memastikan keamanannya, terutama yang hendak menaiki speedboat atau perahu wisata Logung harus memakai jaket pelampung (life jacket).

"Kami berharap budaya keselamatan di wisata perairan menjadi budaya semua pihak," ujarnya.

Kasat Samapta Polres Kudus AKP Ngatmin menambahkan pihaknya juga mendatangi langsung lokasi wisata air dan menghimbau pengelola maupun operator perahu wisata air Bendungan Logung untuk tidak menaikkan penumpang melebihi kapasitas muat perahu wisata yang justru membahayakan penumpang.

Ia juga mengajak semua pihak mengutamakan keselamatan saat berwisata di perairan dan menjadikannya sebagai kebutuhan dalam pemenuhan aspek keselamatan.

Polres Kudus sendiri meningkatkan pengamanan sejak arus milir Lebaran. Sedangkan hari pertama perayaan Idulfitri, juga meningkatkan patroli keamanan dan ketertiban masyarakat selama libur lebaran di sejumlah obyek wisata di wilayah Kudus.

Polres Kudus gencar melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD), salah satunya meningkatkan kegiatan patroli untuk memastikan situasi wilayah tetap aman dan kondusif dengan sasaran lokasi yang menjadi tempat sholat Idul Fitri 1445 Hijriah, guna memastikan lokasinya benar-benar aman.

Sasaran lainnya, yakni tempat-tempat objek wisata, termasuk objek wisata Bendungan Logung, Wisata Colo, dan objek-objek wisata lain yang memang pada libur lebaran ini bakal ramai pengunjung.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024