Beijing (ANTARA) - China akan mendirikan zona percontohan di seluruh negeri yang ditujukan untuk mereformasi sektor pendidikan siswa berkebutuhan khusus, serta mengembangkan sektor tersebut dengan cara yang lebih efektif dalam merealisasikan pembangunan berkualitas tinggi.

Menurut surat edaran yang dirilis di laman Kementerian Pendidikan China, program reformasi ini akan mengeksplorasi cara-cara membangun sistem pendidikan siswa berkebutuhan khusus yang terkoordinasi dan kohesif. Program ini juga aakan mencakup semua tahapan sekolah mulai dari tingkat prasekolah hingga sekolah menengah pertama dan atas.

Reformasi ini disebutkan juga akan memperkuat jaminan keuangan bagi pendidikan sektor tersebut dengan meningkatkan alokasi fiskal dan kebijakan tunjangan.

Selain itu, zona percontohan ini diharapkan dapat menyediakan pendidikan dasar gratis bagi semua siswa penyandang disabilitas, serta meningkatkan pengadaan staf dan perlakuan bagi guru-guru terkait.

Surat edaran itu menyebutkan pula bahwa reformasi ini akan memperluas layanan pendidikan siswa berkebutuhan khusus untuk menjangkau lebih banyak siswa, dengan fokus pada pembangunan sekolah khusus untuk anak-anak penyandang autisme.

Penelitian dan program percontohan yang relevan akan dilakukan terkait pendidikan bagi anak penyandang autisme, disabilitas ganda, atau gangguan belajar.

Serangkaian upaya juga akan dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan terkait dan memperkuat pembangunan sumber daya digital dalam hal ini.

Otoritas-otoritas pendidikan di tingkat wilayah atau kota didorong untuk berpartisipasi dalam program tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024