Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) mengoptimalkan layanan kendaraan listrik selama libur lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

Manager UP3 PT PLN (Persero) Mataram, Mahadhir melalui keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Kamis, mengatakan bahwa optimalisasi pelayanan dilakukan dengan memastikan instalasi delapan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di sejumlah lokasi strategis di Pulau Lombok dalam keadaan baik.

"Dalam rangka memastikan kelancaran arus mudik dan balik Idul Fitri 1445 H, UP3 Mataram telah melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap kesiapan SPKLU," kata Mahadhir.

Menurut dia, kesiapan SPKLU merupakan bagian dari persiapan yang khusus dilakukan mengingat Pulau Lombok menjadi salah satu tujuan utama bagi para pemudik serta destinasi wisatawan selama libur lebaran.

"Pulau Lombok akan mendapatkan perhatian khusus sebagai salah satu tujuan mudik dan juga destinasi wisata dalam libur lebaran tahun ini, tak terkecuali bagi masyarakat yang menggunakan kendaraan listrik sebagai alat transportasi," ujarnya.

Baca juga: PLN Icon Plus perkuat 1.299 unit SPKLU di rute Palembang-Banyuwangi

Selain melakukan pengecekan instalasi SPKLU dan alat pendukung lainnya, UP3 Mataram juga telah menyiapkan tim siaga khusus untuk memastikan bahwa SPKLU berfungsi dengan baik selama libur lebaran.

"Tim ini bertugas untuk mengatasi potensi gangguan dan memberikan layanan teknis yang dibutuhkan oleh pengguna SPKLU," ucap dia.

SPKLU merupakan layanan dari PLN yang disediakan bagi masyarakat dalam pengisian kendaraan listrik.

Terdapat beberapa lokasi SPKLU yang dapat digunakan di Pulau Lombok, antara lain SPKLU Kantor Gubernur NTB, SPKLU Hotel Santika, SPKLU Lombok Epicentrum Mall, SPKLU Kuta Mandalika, SPKLU MVP Grand Natura, SPKLU PLN UIW NTB, SPKLU Dinas Perhubungan Provinsi NTB, dan SPKLU SMKN 3 Mataram.

PLN juga telah mengintegrasikan fitur informasi lokasi SPKLU terdekat pada aplikasi PLN Mobile untuk memudahkan akses bagi masyarakat.

Baca juga: PLN sediakan 65 unit SPKLU di Jatim untuk layani pemudik

Mahadhir menambahkan, pihaknya senantiasa memberikan kemudahan bagi masyarakat pengguna kendaraan listrik untuk dapat melakukan pengisian kendaraan listrik.

"Masyarakat tinggal memanfaatkan aplikasi PLN Mobile untuk memperoleh petunjuk lokasi SPKLU terdekat hingga kemudahan dalam proses pembayaran," ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Sudjarwo, menambahkan penyediaan SPKLU merupakan salah satu wujud komitmen PLN dalam menghadirkan energi bersih dan berkelanjutan bagi masyarakat.

"Kami percaya bahwa penggunaan kendaraan listrik akan menjadi salah satu solusi untuk mengurangi polusi udara dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Oleh karena itu, PLN berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan infrastruktur kendaraan listrik, termasuk penyediaan SPKLU yang ramah lingkungan," katanya.

Dengan kesiapan SPKLU yang optimal dan dukungan penuh dari tim Siaga UP3 Mataram, diharapkan libur panjang perayaan Idul Fitri 1445 H di Pulau Lombok dapat berlangsung dengan lancar dan aman bagi seluruh masyarakat serta wisatawan yang berkunjung.

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024