Jakarta (ANTARA) - Sebagian pengunjung Taman Impian Jaya Ancol bisa mengisi waktu libur Lebaran dengan mengunjungi Ecopark  dan memberi makan belasan ekor rusa di taman keanekaragaman hayati yang terletak di Jakarta Utara, Kamis.

Salah satunya Nisrina Nurnajibah (20), gadis itu membeli seikat bayam seharga Rp10 ribu untuk diberikan langsung kepada rusa yang berada di dalam kandang.

Kepada wartawan, Ninis, demikian ia disapa, mengaku tidak mengira Ancol dengan tempat seluas dan sebesar itu, masih memiliki wahana edukasi yang gratis seperti Ecopark.

"Masih banyak lho ternyata wahana-wahana yang gratis, kita tinggal masuk saja. Contohnya kayak Ecopark, kita bisa kasih makan rusa, melihat kaktus, dan juga bisa melihat berbagai macam satwa," kata Ninis kepada wartawan di kawasan Ancol Ecopark.

Menurut informasi petugas, kata Ninis, rusa-rusa di kawasan Ecopark ternyata merupakan jenis satwa yang dilindungi, Rusa tutul (nama ilmiah: Axis axis).

Baca juga: Polisi maksimalkan pengamanan wisata Ancol saat libur lebaran

Baca juga: Lebaran pertama, puluhan ribu orang kunjungi Ancol


Satwa yang sering beredar di sekitar halaman Istana Bogor itu memiliki tubuh coklat bertutul putih. Hewan tersebut diserahterimakan oleh pemerintah kepada manajemen Taman Impian Jaya Ancol sejak 2010 dan telah berkembang biak di sana.

Pengunjung dilarang memancing dan berburu di kawasan Ecopark, hal itu tertera lewat tulisan dalam plang-plang peringatan yang tersebar pada sejumlah titik kawasan tersebut.

"Mungkin plang-plang itu bentuk edukasi juga. Supaya pengunjung mau sama-sama merawat lingkungan di sini yang masih asri," kata Ninis.

Kawasan Ecopark yang letaknya di sebelah Pasar Seni itu dibuka sejak pukul 06.00 hingga 16.00 WIB.

Menurut Moch Naufal (24), pengunjung Ecopark, kawasan tersebut merupakan tempat yang layak dikunjungi oleh penyuka ruang terbuka dan petualang yang suka mengeksplorasi pengetahuan botani dan rekreasi luar ruang.

Selain wahana edukasi, pengunjung pun bisa memanfaatkan keasrian udara di Ancol Ecopark untuk berolah raga gratis, misalnya jalan santai atau joging, treknya sudah disediakan pada kawasan yang luasnya mencapai 33,6 hektare tersebut.

Pengunjung juga dapat berolah raga menggunakan alat-alat kebugaran yang tersedia gratis di "Taman Fitness".

Alat-alat kebugaran itu memiliki peminat yang cukup banyak, sehingga setiap pengunjung mesti bijak mengatur gilirannya masing-masing.

Taman Impian Jaya Ancol merupakan tempat wisata di Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara yang cukup ramai dikunjungi masyarakat selama pekan libur Lebaran 2024.

"Pada Rabu (10/4), jumlah pengunjung Taman Impian Jaya Ancol mencapai 41 ribu orang. Dan pada Kamis hingga pukul 12.00 siang tadi tercatat sudah 40 ribu orang yang berkunjung ke kawasan tersebut," ujar Komunikasi Korporat Taman Impian Jaya Ancol Ariyadi Eko Nugroho.

Baca juga: 800 ribu orang ditargetkan berwisata di Ancol saat libur Idul Fitri

Baca juga: Ancol siapkan area parkir lebih luas antisipasi kemacetan saat Lebaran

Baca juga: Libur Lebaran, Ancol perkenalkan biota baru di Sea World

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024