Hingga H1 Idul Fitri kami mencatat Namlea Kabupaten Buru menjadi daerah dengan tujuan pemudik terbanyak yaitu 6.305 orang
Ambon (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Ambon mencatat bahwa Kabupaten Buru Maluku menjadi daerah dengan tujuan pemudik terbanyak pada Idul Fitri 1445 Hijriah/Lebaran 2024.

“Hingga H1 Idul Fitri kami mencatat Namlea Kabupaten Buru menjadi daerah dengan tujuan pemudik terbanyak yaitu 6.305 orang penumpang kapal tujuan daerah itu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas (Lala) KSOP Ambon Iyan Ashari saat dihubungi dari Ambon, Maluku, Kamis.

Iyan mengatakan ribuan penumpang tersebut merupakan akumulasi dalam dua pekan penghitungan jumlah pemudik via kapal laut di dua pelabuhan yang beroperasi yaitu Pelabuhan Yos Sudarso dan Pelabuhan Slamet Riyadi Kota Ambon.

“Itu sudah termasuk penumpang yang memenuhi kuota mudik gratis yang diselenggarakan baik dengan kapal Pelni maupun kapal cepat yang dioperasikan pihak swasta,” kata dia.

Banyaknya penumpang tersebut, kata Iyan, diimbangi dengan peningkatan fasilitas pelabuhan yang ditingkatkan oleh pihaknya yang bekerja sama dengan pihak lain.

Baca juga: KSOP Ambon memastikan tiga pelabuhan siap layani arus mudik

Baca juga: KSOP Ambon sediakan 2.120 kuota untuk mudik gratis


“Kami telah melakukan pengecekan fasilitas pelabuhan dimulai dari fasilitas terminal, parkir, pintu masuk dan keluar kendaraan, hingga penertiban pedagang asongan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada para pemudik,” kata dia.

Hal itu dilakukan juga untuk memberikan kenyamanan pada arus balik dari Kabupaten Buru pada Idul Fitri 1445 H ini.

Ia melanjutkan pihaknya bersama pihak terkait lainnya juga secara intensif terus melakukan pemantauan di posko keamanan yang didirikan di dua pelabuhan dimaksud.

Selain Namlea Kabupaten Buru, pihaknya juga mencatat ada tiga daerah tujuan mudik terbanyak via kapal laut dari Maluku yaitu Banda Naira sebanyak 4.126 penumpang, Baubau (Sulawesi Tenggara) sebanyak 2.349 orang dan Tual sebanyak 1.875 penumpang.

“Kami berharap arus mudik dan arus balik nantinya tetap berjalan kondusif dan tidak ada halangan yang berarti,” tuturnya.

Baca juga: KSOP catat penumpang mudik H-6 Lebaran di Ambon capai 24.154 orang

Baca juga: ASDP Ambon: Penjualan tiket daring perlancar arus mudik


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024