Ambon (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Ambon, Maluku, membuka layanan kunjungan tatap muka dan pengantaran makanan khusus pada Lebaran 2024 bagi warga binaan setempat.

"Lapas Perempuan Ambon memfasilitasi layanan titipan barang dan kunjungan tatap muka bagi keluarga maupun warga binaan," ujar Kepala LPP Kelas III Ambon Fifi Firda di Ambon, Kamis.

Fifi Firda ingin warga binaan bisa menikmati momen hari kemenangan Idulfitri 1445 Hijriah bersama orang-orang terdekat. Hal ini penting agar mereka dapat melepas rasa rindu, merasa dicintai oleh orang terdekat sehingga muncul semangat untuk menjadi lebih baik.

Kalapas lantas menekankan bahwa proses atau alur layanan kunjungan sesuai dengan SOP yang merupakan komitmen dari jajaran Lapas Perempuan Ambon guna mencegah gangguan keamanan dan ketertiban.

"Aspek keamanan merupakan prioritas utama kami. Dengan demikian, proses kunjungan dapat berjalan dengan lancar, aman, tertib, dan pada akhirnya juga memberikan kenyamanan bagi pengunjung," katanya.

Waktu kunjungan mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIT dengan durasi maksimal 15 menit. Hal ini untuk mencegah membeludaknya keluarga yang akan mengunjungi warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Ia menyebutkan total pengunjung sebanyak 100 orang dengan perincian 25 laki-laki, 44 perempuan, 31 anak-anak.

Selain pemberlakuan layanan kunjungan Lebaran dan penitipan makanan, pihaknya memberikan remisi atau pengurangan masa hukuman terhadap 14 warga binaan di lapas tersebut.

Seluruh WBP yang mendapat remisi, kata dia, telah memenuhi syarat, yaitu berkelakuan baik atau tidak melakukan pelanggaran selama menjalani masa pidana. Hal ini dibuktikan dengan tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu 6 bulan terakhir terhitung sebelum tanggal pemberian remisi.

Selain itu, telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh lapas dengan predikat baik serta menjalani masa pidana minimal 6 bulan.

Besaran remisi khusus yang diterima masing-masing warga binaan, menurut dia, juga berbeda. Ada yang mendapat 1 bulan pengurangan masa hukuman dan ada yang 15 hari.

Pada kesempatan itu, Fifi Firda menyampaikan selamat berlebaran kepada seluruh jajaran pemasyarakatan yang bekerja ikhlas tanpa mengenal libur.

Ia juga mengucapkan selamat kepada warga binaan yang mendapatkan remisi sebagai momentum menjadi pribadi yang lebih baik.

Baca juga: Lapas Perempuan Palembang berikan kesempatan WBP terima tamu Lebaran
Baca juga: Lapas Perempuan Kelas II A Jakarta fasilitasi kunjungan khusus Lebaran


Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024