Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Arsyad Rasjid menuturkan bahwa ia membicarakan upaya mengatasi tantangan ekonomi di masa mendatang saat bertandang ke kediaman dinas Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara halalbihalal Kamis malam.

“Masalah ekonomi ke depan ini kan juga banyak tantangan. Jadi bagaimana nih antara Kadin dan pemerintah untuk bisa mengantisipasi hal-hal secara bersama,” ucap Arsyad di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan bahwa tantangan perekonomian di masa mendatang berat sekali, sehingga walaupun pergantian rezim pemerintahan baru akan dilaksanakan Oktober mendatang, permasalahan perekonomian tetap harus dibahas sejak sekarang.

Menurutnya, hal ini karena pengembangan ekonomi domestik harus berjalan terus, terutama untuk membuat UMKM lokal naik kelas.

“Karena balik lagi, (untuk mengatasi tantangan ekonomi) yang harus kita jaga bagaimana perkembangan UMKM kita,” kata Arsyad.

Ia menyampaikan bahwa produk UMKM dalam negeri penting untuk dilindungi agar tidak kalah saing dengan barang-barang dari luar negeri yang kini banyak membanjiri pasar domestik.

Jika tidak, ia khawatir bisnis UMKM lokal akan melemah dan mengakibatkan hilangnya banyak lapangan pekerjaan.

Arsyad pun menyatakan bahwa ia tidak datang dengan misi politik apapun walaupun Airlangga merupakan ketua umum Partai Golkar yang menjadi salah satu partai koalisi capres dan cawapres terpilih Pemilu 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

“Intinya yang saya lagi jalankan di sini adalah sebagai ketua umum Kadin. Fokusnya sekarang ini adalah pembahasan masalah ekonomi,” ucapnya.
 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024