Banda Aceh (ANTARA) - Masjid Raya Baiturrahman menjadi objek wisata pilihan bagi masyarakat dari berbagai daerah untuk mengisi liburan Idul Fitri saat berkunjung ke Kota Banda Aceh.

"Kebanyakan wisatawan yang datang ke Banda Aceh pasti singgah ke Masjid Raya baik untuk beribadah maupun menjadikannya tempat berkumpul bersama keluarga," kata Kepala UPTD Masjid Raya Baiturrahman, Saifan Nur, di Banda Aceh, Kamis.

Saifan menyampaikan, setiap Lebaran jumlah pengunjung ke Masjid Raya Baiturrahman selalu ramai. Jumlahnya bisa mencapai 2.500 orang per hari.

"Tahun ini perkiraannya akan sama karena banyak pelancong dari berbagai daerah maupun dari pinggiran Banda Aceh yang datang," ujarnya.

Salah seorang pelancong asal Makassar, Yuni, menyampaikan Masjid Raya Baiturrahman menjadi lokasi wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur ke Banda Aceh.

"Rasanya tidak afdol kalau belum ke sini (Masjid Raya Baiturrahman). Ada sebuah kebanggaan kalau sudah menginjakkan kaki di sini," katanya.

Senada dengan Yuni, wisatawan asal Meulaboh, Saniah, mengatakan hampir setiap Lebaran ia menghabiskan waktu bersama keluarganya di masjid yang menjadi ikon provinsi paling barat Indonesia itu.

"Di sini suasananya adem dan sangat cocok untuk mengisi liburan bersama keluarga," katanya.

Masjid Raya Baiturrahman merupakan salah satu tempat wisata religi yang paling diminati wisatawan. Tak hanya dari luar, masyarakat Aceh pun juga sering mengunjunginya setiap datang ke Banda Aceh.

Baca juga: TWA Bantimurung ramai dikunjungi pada libur lebaran

Baca juga: Wisatawan domestik pilih Sanur menjadi tempat berwisata saat Lebaran

Baca juga: Pengunjung padati objek wisata Jakarta Aquarium dan Safari di Jakbar

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024