Jakarta (ANTARA) - Apple dilaporkan mempercepat pengembangan chip M4 generasi berikutnya untuk dirilis pada akhir 2024.

Kabar itu datang dari wartawan teknologi senior Mark Gurman dari Bloomberg yang menyebutkan chip untuk mendukung kinerja Mac itu nantinya fokus pada peningkatan performa pemrosesan menggunakan kecerdasan artifisial atau artificial intelligence (AI).

Setelah peluncuran M3 pada Oktober 2023, Gurman mengatakan untuk perilisan M4 berpotensi juga hadir pada waktu rilis serupa di Oktober 2024.

Baca juga: Pabrik TSMC Arizona percepat pengembangan produk chip Apple

Peluncurannya akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan peningkatan chip ke iMac, lalu MacBook Pro 14 inci tingkat pemula, MacBook Pro 14 inci dan 16 inci kelas atas, serta model Mac mini.

Hal ini akan diikuti dengan pembaruan pada MacBook Air 13 inci dan 15 inci pada musim semi 2025, kemudian Mac Studio pada pertengahan 2025, dan terakhir Mac Pro pada akhir 2025.

Gurman juga melaporkan nama kode untuk setidaknya tiga varian M4 yaitu Donan (low-end), Brava (mid-range), dan Hidra (high-end).

Baca juga: Apple luncurkan iMac 24 inci dengan chip M3dan memori lebih besar

Donan dapat ditemukan di model MacBook Pro, MacBook Air, dan Mac mini entry-level.

Sementara Brava melengkapi konfigurasi MacBook Pro dan Mac mini kelas atas.

Terakhir chip Hidra, kemungkinan ditujukan untuk Mac Pro, mengisyaratkan potensi pencitraan “Ultra” atau “Extreme” saat produknya dirilis.

Desktop M4 Mac diharapkan mendukung peningkatan memori yang signifikan, mencapai memori terpadu hingga 512 GB dibandingkan dengan batas 192 GB saat ini.

Baca juga: MacBook M3 Apple mungkin tidak akan hadir tahun ini

Sambil mempertahankan proses produksi chip M3 3nm, pemasok Apple TSMC mungkin menggunakan versi yang disempurnakan untuk meningkatkan kinerja dan efisiensi energi.

Selain itu, Apple berencana untuk meningkatkan Neural Engine secara signifikan, kemungkinan besar akan meningkatkan inti yang didedikasikan untuk tugas-tugas AI. Demikian dilaporkan Gizmochina, Kamis (11/4).

Baca juga: Apple digadang tengah siapkan iMac dengan chip M3

Baca juga: Apple luncurkan MacBook Pro "chip" M2 Pro dan M2 Max

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024