Jakarta (ANTARA) - Dalam suatu pernyataan pers sebagaimana disiarkan Xinhua, dikutip di Jakarta, Jumat, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Mao Ning, mengatakan sikap pemerintah China soal konflik Palestina-Israel yang telah berlangsung cukup lama.

Konflik internasional yang sedang berlangsung dan krisis kemanusiaan parah yang ditimbulkannya ini, seturut Xinhua, merupakan pengingat lain bahwa satu-satunya cara untuk mengakhiri siklus kekerasan konflik Palestina-Israel adalah dengan mengimplementasikan secara penuh solusi dua negara, mendirikan negara Palestina yang merdeka, dan memperbaiki ketidakadilan historis yang telah lama diderita Palestina.

Mao menyampaikan pernyataan tersebut dalam konferensi pers harian ketika ditanya mengenai posisi China terkait keanggotaan Palestina di PBB.

Dilaporkan bahwa baru-baru ini Palestina secara resmi meminta Dewan Keamanan PBB untuk mempertimbangkan kembali permohonannya menjadi anggota penuh PBB yang diajukan pada 2011 lalu.

Dewan Keamanan PBB bertemu pada 8 April 2024 dan merujuk permohonan tersebut kepada Komite Penerimaan Anggota Baru untuk dipertimbangkan. Amerika Serikat mengatakan, sebelum ada kesepakatan yang lebih luas antara Palestina dan Israel, AS akan terus menentang keanggotaan penuh di PBB untuk Palestina.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024