Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024 PBSI M. Fadil Imran mengatakan para pebulu tangkis Indonesia masih memiliki tugas untuk mengamankan posisi unggulan (seeded) yang akan menguntungkan mereka di Olimpiade 2024 Paris.

Posisi seeded ini akan diupayakan untuk dikejar pada Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (BAC) 2024 yang tengah berlangsung, Kejuaraan Beregu Thomas-Uber Cup, serta turnamen Super 1000 Indonesia Open pada awal Juni.

“Ini juga butuh strategi yang jitu serta kesiapan para atlet. Semoga kepastian tiket ini memberi semangat baru bagi para atlet dan seluruh tim,” ujar Fadil, dikutip dari keterangan resmi PP PBSI, Jumat.

Adapun Indonesia memastikan akan mengirim wakil pada semua sektor cabang olahraga bulu tangkis di Olimpiade 2024 Paris.

Skuad Merah-Putih akan diwakili Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting di tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di ganda putri, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran.

“Alhamdulillah, kita telah mencapai satu tonggak penting dalam perjalanan menuju Olimpiade. Ini adalah buah ketekunan menjalankan proses dari para atlet, pelatih, ofisial, dan tim pendukung,” kata Fadil.

Baca juga: Indonesia Open jadi penentuan seeding Olimpiade Paris

“Capaian ini juga merupakan hasil strategi yang jitu dalam menyusun peta jalan atlet dalam mengikuti berbagai turnamen sepanjang tahun ini. Ini adalah hasil kerja kolektif,” ujarnya menambahkan.

Bulu tangkis menyusul sejumlah cabang olahraga Indonesia lain yang telah memastikan keikutsertaan mereka dalam Olimpiade tahun ini, yakni panahan, senam artistik, menembak, panjat tebing, selancar, angkat besi, dan atletik.

Sebelumnya pada Olimpiade 2020 Tokyo, Indonesia membawa pulang medali emas ganda putri yang dimenangkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan medali perunggu tunggal putra yang diperoleh Anthony Sinisuka Ginting.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam persiapan Olimpiade ini karena telah bergerak dalam satu visi, satu semangat, memberikan yang terbaik untuk Merah Putih. Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terus memberikan doa, dukungan, kritik, dan saran kepada kami,” kata Fadil.

Baca juga: Menpora ajak warga dukung tim bulu tangkis berprestasi di Olimpiade
Baca juga: Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024 PBSI selektif pilih turnamen


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024