Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan perayaan Lebaran Topat 2024 yang merupakan tradisi masyarakat Sasak seminggu setelah Idul Fitri dipusatkan di Pantai Tanjung Bias.

"Lebaran Topat ini dilaksanakan pada tanggal 17 April 2024," kata Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Kabupaten Lombok Barat Agus Gunawan dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Jumat.

Acara Lebaran Topat tersebut dilaksanakan atas kerjasama pemerintah daerah dengan Bea Cukai Mataram dan dipusatkan di Pantai Tanjung Bias Desa Senteluk Batulayar.

"Jika sebelumnya diadakan di Pantai Duduk, untuk tahun ini dipusatkan di Pantai Tanjung Bias," katanya.

Agenda tahunan ini juga nantinya akan melibatkan masyarakat hingga pelaku usaha pariwisata. Selain melibatkan masyarakat secara langsung, pihaknya juga mengajak teman-teman dari hotel dan restoran  yang ada di kawasan Senggigi untuk ambil bagian.

"Asosiasi pariwisata seperti ASITA, ASPPI, PHRI dan HPI juga turut diundang untuk sama-sama mempromosikan event tradisi tahunan kita ini," katanya.

Keterlibatan banyak pihak dalam kegiatan ini disebutkan Agus adalah salah satu upaya untuk membangun kolaborasi antar semua elemen masyarakat untuk memajukan kepariwisataan di Lombok Barat.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pemasaran Pariwisata Dispar Lombok Barat Irman Sumantri menjelaskan walaupun Lebaran Topat tahun ini dipusatkan di Pantai Tanjung Bias, namun tetap dipastikan semua ritual inti yang biasa dilakukan saat gelaran Lebaran Topat tetap dapat terlaksana.

"Ritual adat seperti naik Cidomo, ambil air ke Lingkok Emas dan ziarah ke Makam Batulayar itu tetap terlaksana, nanti setelah dari Makam Batulayar baru kita kumpul roah bersama di Tanjung Bias," katanya.

Selain ritual adat tadi akan ada pawai gunungan topat yang akan diikuti oleh pemuda dan masyarakat desa-desa yang ada di Kecamatan Batulayar.

"Penampilan musik tradisional pepaosan akan ada. Setelah acara inti selesai di siang hari akan ada hiburan rakyat yang akan menampilkan artis lokal Erni Sambel Colet dan Jhon Kursi Roda untuk menghibur masyarakat," katanya.

Selain itu juga akan ada sosialisasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCT) dari pihak Bea Cukai sebagai upaya pencegahan peredaran rokok ilegal di kawasan Lombok Barat.

"Kegiatan Lebaran Topat ini juga dirangkaikan untuk kegiatan pencegahan rokok ilegal," katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024