Bandung (ANTARA) - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat Prima Mayaningtyas menyebut sampah dari kawasan Bandung Raya yang ditampung TPA Sarimukti, terkelola dengan baik selama Ramadhan.

"Bisa dibilang selama Ramadhan tahun ini, sampah dari wilayah Bandung Raya yang ditampung di TPA Sarimukti bisa terkelola dengan baik," kata Prima di Bandung, Jumat.

Hal tersebut, kata Prima, karena TPA Sarimukti telah menerima rata-rata 1.611,23 ton sampah atau sekitar 347 truk per hari dari wilayah Bandung Raya selama Ramadhan 2024.

Jumlah tersebut, jika ditotal dengan pembagian volume bagi semua wilayah Bandung Raya, yakni Kota Bandung dengan total tonase sebesar 32.807,35 ton, Kota Cimahi total tonase sebesar 4.066,47 ton, Kabupaten Bandung total tonase sebesar 5.669,64 ton, dan Kabupaten Bandung Barat total tonase sebesar 4.182,61 ton.

Baca juga: Mengurangi pangan yang mubazir pada hari raya

Baca juga: Masyarakat diimbau tak gunakan koran untuk alas Shalat Id


"Jadi keseluruhan selama Ramadhan adalah total ritasi 10.065 truk, dengan total tonase sebanyak 46.726,06 ton," ucap Prima.

Prima juga menjelaskan dari data yang ada, Kota Bandung masih menempati urutan tertinggi volume sampah yang dibuang ke TPA Sarimukti, mengingat Kota Bandung merupakan metropolitan yang berpotensi menghasilkan sampah lebih banyak.

"Volume sampah dari Kota Bandung terbanyak, kedua dari Kabupaten Bandung, ketiga dari Kabupaten Bandung Barat, dan keempat dari Kota Cimahi," ucapnya.

Prima juga menambahkan, penanganan sampah di Sarimukti selama Ramadhan 2024 cukup lancar, tidak ada kendala yang berarti, sehingga sampah terkelola dengan baik.*

Baca juga: Gubernur Sumbar terbitkan SE Pengendalian Sampah selama libur lebaran

Baca juga: Produsen AMDK serahkan mobil pengangkut sampah untuk Masjid Istiqlal

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024