Dengan ekonomi masyarakat yang semakin baik, maka penggunaan pesawat udara menjadi salah satu transportasi tercepat untuk kembali ke kampung halaman
Sentani, Papua (ANTARA) - PT Angkasa Pura mencatat arus mudik Lebaran di Bandara Sentani, Papua, selama periode 3-11 April 2024 mencapai sebanyak 43.371 penumpang.

General Manager Bandara Sentani Erick Susanto di Sentani, Papua, Jumat, mengatakan arus mudik selama 3-11 April 2024 itu mengalami kenaikan 10 persen dibanding tahun lalu yang melayani 39.396 penumpang.

"Dengan ekonomi masyarakat yang semakin baik, maka penggunaan pesawat udara menjadi salah satu transportasi tercepat untuk kembali ke kampung halaman," katanya.

Menurut Susanto, pergerakan pesawat pada Lebaran ini mengalami penurunan empat persen yakni 935 pesawat dibanding dengan periode tahun lalu sejumlah 939 pesawat.

"Jumlah pesawat sedikit, namun penumpangnya banyak. Itu karena setiap kursi pesawat terisi penuh di setiap penerbangannya, makanya jumlah meningkat," ujarnya.

Dia menjelaskan angkutan kargo juga meningkat 17 persen yakni 2.509.521 kg dibanding periode tahun lalu sejumlah 2.152.663 kg.

"Setiap penumpang ingin membawa hadiah untuk keluarga di kampung pada momen hari raya Lebaran, sehingga jumlah barangnya juga naik," katanya.

Dia menambahkan rute favorit masyarakat untuk menghabiskan masa libur Lebaran 2024 yakni Jakarta dan Makassar, sementara untuk kawasan Papua yaitu Mimika dan Wamena.

"Kami berharap ketika ada penumpang yang berangkat maupun datang ketika memperoleh masalah dapat segera menghubungi Pos Operasi Ketupat Cartenz Pelayanan Terpadu di Bandara Sentani," ujar Erick.

Pewarta: Yudhi Efendi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024