Jakarta (ANTARA) - Xinhua dalam artikelnya yang dikutip di Jakarta, Jumat, memberi komentar tentang pertemuan antara Presiden China, Xi Jinping dengan para kompatriot dari Taiwan yang digelar pada Rabu (10/4) di Beijing.

Menurut Xinhua, pertemuan itu pertemuan pertama Xi dengan para kompatriot dari Taiwan dan menyampaikan pidato penting sejak Kongres Nasional CPC ke-20 pada akhir 2022. 

Pertemuan tersebut diselenggarakan di tengah situasi yang kompleks dan menantang di Selat Taiwan. Gerakan separatis "kemerdekaan Taiwan", yang berkolusi dengan kekuatan eksternal, telah melakukan provokasi guna mencari kemerdekaan, sehingga semakin meningkatkan ketegangan di Selat Taiwan.

Pidato Xi, yang penuh dengan iktikad baik dan kasih yang mendalam terhadap para kompatriot di Taiwan, tentunya akan semakin mempersatukan para kompatriot di kedua sisi Selat Taiwan untuk mencapai reunifikasi nasional.

Sepanjang perjalanan pembangunannya, bangsa China telah menciptakan sejarah yang menunjukkan hubungan tak terpisahkan antara kedua sisi Selat Taiwan.

Xinhua menyatakan, meski China Daratan dan Taiwan belum bersatu kembali, fakta bahwa China Daratan dan Taiwan adalah milik satu China dan satu bangsa tidak pernah berubah, serta reunifikasi nasional tetap menjadi tren yang tidak dapat diubah.

Dihadapkan pada aktivitas separatis "kemerdekaan Taiwan" yang berkolusi dengan kekuatan asing untuk melemahkan pembangunan tanah air mereka bersama, setiap anggota bangsa China harus bersatu dalam satu tekad untuk menentang dan menindak upaya tersebut.

Para kompatriot di Selat Taiwan harus bergandengan tangan untuk menciptakan masa depan reunifikasi damai yang cerah, teguh memegang nasib bangsa China di tangan mereka sendiri.

Dalam pertemuan tersebut, Xi menekankan, peningkatan kesejahteraan masyarakat di Selat Taiwan menjadi kekuatan pendorong dan tujuan di balik upaya untuk memajukan hubungan lintas Selat Taiwan.

Xi menggarisbawahi ketulusan dan iktikad baik China dalam memberikan manfaat bagi para kompatriot di Taiwan.

China Daratan akan terus meningkatkan sistem dan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para kompatriot di Taiwan, mempertahankan komitmennya dalam memastikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat di kedua sisi Selat Taiwan.

China Daratan selalu membuka pintunya bagi para kompatriot di Taiwan, serta secara aktif mendorong pertukaran, interaksi, dan rasa saling memahami antara kedua sisi Selat Taiwan.

China Daratan juga menyatukan seluruh sektor masyarakat Taiwan dalam upaya bersama untuk menghilangkan hambatan politik maupun memfasilitasi pertukaran yang rutin dan normal antara kedua sisi Selat Taiwan.

Menyadari peran penting kaum muda dalam memajukan hubungan lintas Selat Taiwan, China Daratan akan menerapkan langkah dan kebijakan yang lebih tegas untuk memfasilitasi perkembangan dan keberhasilan kaum muda di Selat Taiwan. 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024